top of page
Search
  • Wisdom Mall

Bisnis Kerajinan Resin

Tentu kamu sering melihat aksesoris dan hiasan dari resin. Namun pernahkah terpikir untuk membuat kerajinan resin sendiri di rumah? Ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Ada banyak benda-benda berbahan resin yang kita temui dalam keseharian. Mulai dari perhiasan, gantungan kunci, pajangan, dan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa kerajinan dari bahan ini memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi jika kamu telaten untuk menekuninya dan sukses menciptakan berbagai kreasi unik. Jangan khawatir, artikel ini akan membantumu untuk lebih memahami seluk-beluk kerajinan resin!


Apa Itu Resin?


Secara sederhana, resin merupakan bahan utama untuk pembuatan fiberglass atau berfungsi sebagai pembentuk polimer. Bahan ini berbentuk cair dan biasanya memiliki warna bening, meski ada pula resin dengan warna keruh.

Ada dua jenis resin di pasaran, yakni resin alami dan kimiawi. Resin alami merupakan getah yang berasal dari berbagai pohon, misalnya saja pohon conifer. Sementara resin kimiawi merupakan buatan pabrik yang khusus dirancang sebagai pengganti resin alami.


Terlebih saat ini semakin sulit untuk mendapatkan resin alami di pasaran. Sifatnya yang cair membuat resin dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan cetakan yang kamu gunakan. Tentu saja agar resin mengeras kamu memerlukan campuran lain, yakni katalis.


Cara Membuat Kerajinan Resin


1. Alat dan Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat pernak-pernik dari resin kamu membutuhkan:

  • Epoxy resin

  • Epoxy hardener atau katalis

  • Cetakan silikon

  • Wadah untuk mengaduk, misal mangkok

  • Sendok atau sumpit

  • Gelas ukur, bisa menggunakan pinset jika hanya membuat sedikit

2. Langkah Membuat Kerajinan Resin

Setelah semua alat dan bahan siap, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Ambil mangkok, tuangkan resin dan katalis dengan perbandingan 10:1.

  • Jangan mengukur bahan dalam gelas atau pinset yang sama.

  • Aduk hingga larutan agak mengeras dan tunggu hingga gelembung di dalamnya berkurang.

  • Tuangkan ke dalam cetakan silikon dan tunggu hingga kering.

  • Biasanya dalam waktu 24 jam resin sudah mengering sempurna.

3. Kondisi yang Mungkin Terjadi

Setiap merek resin dan katalis sebenarnya memiliki kualitas yang berbeda. Sehingga meski kamu mengikuti perbandingan di atas bisa jadi hasilnya tidak sesuai. Namun 10:1 adalah perbandingan yang paling disarankan oleh berbagai sumber untuk jenis akrilik. Jika menginginkan hasil yang sedikit butek atau keruh, kamu bisa coba perbandingan 100:3.

Kondisi yang mungkin terjadi jika takaran salah adalah:

  • Jika takaran katalis berlebihan larutan akan terasa panas bahkan melelehkan wadah.

  • Larutan lama mengering, ini tergantung merek namun waktu maksimal adalah 24 jam dan jika lebih berarti katalis yang digunakan terlalu banyak.

  • Gelembung berlebihan, akibat proses penggabungan yang tidak sempurna.

  • Permukaannya lengket karena katalis terlalu sedikit.

Peluang Bisnis Kerajinan Resin


Kerajinan satu ini memiliki peluang bisnis yang baik. Modal yang perlu kamu keluarkan kurang lebih hanya sebesar Rp200 ribu. Jika dirinci, harga resin umumnya Rp70 ribu per kilo dan katalis Rp20 ribu per botol.


Kemudian untuk cetakan silikon, harganya bervariasi tergantung bentuk yang kamu inginkan. Jika memilih cetakan sederhana, harganya sekitar Rp40-50 ribu.


Kemudian untuk isian dalam resin, kamu bisa menggunakan bunga kering, kerang, atau benda lainnya. Untuk bunga hydrangea bisa didapatkan seharga Rp45 ribu sepaket. Dari modal tersebut, kamu bisa mematok harga dengan mempertimbangkan waktu pembuatan dan lainnya. Beberapa pengrajin menjual kerajinan mereka di atas harga Rp50 ribu. Jika kamu mengombinasikan resin dengan material logam seperti rantai kalung, bahkan bisa dijual dengan harga Rp300 ribu.


Inspirasi Desain Pernak-Pernik dari Resin


1. Kerajinan Resin Berupa Kalung Dandelion

Bunga dandelion memiliki tampilan yang sederhana namun menawan dengan warna putihnya. Kamu bisa memasukkan kelopak bunga ke dalam resin untuk kemudian dibentuk menjadi kalung seperti gambar di atas. Warna resin yang bening berpadu dengan kelopak bunga berwarna putih tentu akan menjadi favorit banyak orang. Tak cuma menawan dandelion memiliki makna pemberani karena ia tak takut terbang sendirian terbawa angin.

2. Pisau Dapur Berbahan Resin

Pisau identik dengan material besi atau baja pada bagian ujungnya. Namun pisau satu ini berbeda karena sepenuhnya terbuat dari resin dengan aplikasi warna biru dan dekorasi khas laut. Jangan salah, meski terbuat dari resin pisau ini mampu memotong berbagai bahan makanan dengan baik. Meski tentu saja rasanya sayang menggunakan pisau secantik ini untuk kegiatan dapur.


3. Cincin Kayu dengan Aplikasi Resin

Tak hanya material logam, kamu bisa kombinasikan resin dengan material kayu. Seperti cincin kayu dengan mata yang terbuat dari resin di atas. Warna alami kayu yang terang berpadu dengan apik dengan warna resin yang tampak kebiruan. Ini menjadi nilai jual lebih yang unik untuk dijual secara komersil. Oh ya, pastikan kamu memiliki patokan ukuran cincin agar hasilnya tidak gagal.


4. Kerajinan Gelang Resin

Kalung bisa, cincin juga, tentu kreasi gelang pun bisa kamu ciptakan dari bahan resin. Misalnya gelang sederhana seperti gambar di atas. Seluruh permukaan gelang dibuat dengan resin dan di dalamnya kamu bisa memasukkan dedaunan atau bunga kering. Ukuran gelang bisa dibagi menjadi tiga ukuran, yakni ukurang kecil, sedang, dan besar.


5. Aplikasi Resin Pada Meja Kayu

Kerajinan resin juga bisa kamu gunakan untuk membuat perabot rumah. Misalnya saja meja kayu seperti gambar di atas. Resin dituang ke atas material kayu dan diberi warna sesuai dengan keinginan. Setelah resin mengering, permukaannya diampelas sesuai dengan ukuran yang diperlukan. Nah, meja pun siap untuk diletakkan di rumahmu. Tanpa perlu dekorasi berlebihan, ruangan akan tampak estetik berkat kehadiran meja ini.


6. Aplikasi Resin Pada Talenan Kayu

Talenan dengan aplikasi resin di atasnya akan sangat cocok sebagai hadiah untuk para ibu atau teman yang gemar memasak. Peralatan dapur yang biasanya kita anggap biasa saja akan tampak mewah berkat resin yang dibentuk di atasnya. Bahan resin untuk peralatan rumah tangga sudah terjamin keamanannya sehingga kamu tak perlu mengkhawatirkan apapun. Jika tak tega menggunakannya untuk memasak, talenan ini bisa jadi pajangan unik untuk menghiasi hunianmu.


7. Case Handphone dari Kerajinan Resin

Terakhir, kamu bisa membuat case handphone dari kerajinan resin. Tambahkan bunga kering di dalamnya agar case tampak semakin estetik. Kamu bisa berkreasi sesukamu dalam menyusun bunga kering, bisa membentuk pohon atau disebar merata ke seluruh permukaan case. Untuk menciptakan bentuk seperti ini, kamu harus memesan cetakan silikon khusus sesuai tipe hapemu.


Cara Membuat Cetakan Ornamen dari Silikon


15 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page