top of page
Search
  • Wisdom Mall

Bisnis Lumpia

Berbagai aneka jajanan pasar memang sangat banyak dicari oleh semua kalangan, salah satu jajanan pasar yang sangat difavoritkan masyarakat luas yaitu lumpia. Lumpia dibuat menggunakan berbagai bahan – bahan mulai dari tepung terigu dan beberapa pelengkap bahan yang lain. Lumpia memiliki isian mulai dari sayuran maupun daging kemudian diolah dengan cara digoreng. Peminat olahan lumpia memang sangat banyak dimasyarakat baik mulai dari kalangan anak – anak bahkan hingga orang dewasa. Olahan lumpia memiliki cita rasa yang enak serta nikmat. Kelezatan lumpia juga mampu membuat penikmatnya menjadi ketagihan. Tekstur lumpia yang renyah serta didalamnya tredapat isian daging cincang dan aneka sayuran sehingga membuat makanan ini banyak dicari. Biasanya penyajiannya lumpia disajikan dengan lalapan cabe hijau maupun dengan cocolan saus sambal. Jajanan pasar satu ini biasanya sering dijumpai di berbagai penjual keliling, penjual di pinggir jalan bahkan juga disediakan di toko yang menyediakan jajanan pasar. Sehingga untuk menemukan lumpia memang bukan menjadi suatu hal yang sulit didapatkan, karena berbagai penjual mulai dari pelosok desa hingga kota sudah banyak yang menawarkan lumpia ini. Melihat banyaknya lapisan masyarakat yang menikmati lumpia hingga membuat usaha lumpia cukup laris manis dipasaran. Peluang bisnis lumpia juga masih terbuka sangat luas bagi Anda yang ingin menerjuni kegiatan usaha ini. Usaha lumpia memang cukup menjanjikan sekali dijalankan, dimana keuntungan dalam menjalankan usaha lumpia tidak sedikit sehingga patut untuk dikembangkan. Usaha lumpia juga memiliki potensi yang cukup bagus kedepanya. Walaupun sebenarnya usaha lumpia sudah banyak dijalankan sejak lama namun tidak membuat peminat lumpia semakin surut melainkan justru malah semakin lebih banyak. Bahkan dari waktu ke waktu bisnis lumpia akan terus mengalami peningkatan yang cukup pesat. Apalagi adanya berbagai variasi dalam membuat lumpia dan membuat lumpia semakin lebih menarik untuk digali lebih dalam demi mendatangkan keuntungan yang cukup fantastis. Bagi yang kini ingin memperoleh pendapatan tambahan dalam setiap harinya, Anda bisa mencoba memulai usaha dengan menggeluti bisnis lumpia.

Bahan baku membuat lumpia

Ketika menjalankan usaha lumpia tentu membutuhkan berbagai bahan baku untuk pengolahannya. Berbagai bahan baku dalam membuat lumia meliputi, tepung terigu, tepung beras, telur ayam, garam, bawang putih, gula pasir, lada, wortel dan aneka bahan pelengkap yang lain. Jika Anda menginginkan olahan lumpia dengan kualitas yang terbaik, maka perlu memperhatikan resep lumpia dengan takaran pembuatan yang sesuai sehingga nantinya bisa mendapatkan olahan lumpia yang enak dan nikmat sehingga banyak yang suka. Berbagai bahan baku yang digunakan dalam membuat lumpia memang sangat banyak sekali didapatkan baik di pasar tradisional maupun di toko terdekat.


Resep Membuat Lumpia

Bahan Kulit Lumpia :

  • tepung terigu 100 gram

  • tepung beras 50 gram

  • 1 butir telur ayam, kocok lepas.

  • garam ½ sdt

  • air bersih 400 ml

Bahan yang dihaluskan :

  • bawang putih 3 siung

  • garam, gula, dan lada secukupnya.

Bahan Isi  Lumpia:

  • wortel 2 buah, parut halus/potong tipis-tipis memanjang.

  • kubis (kol) secukupnya.

  • udang secukupnya, potong kecil-kecil dagingnya.

  • rebung 200 gram, potong memanjang tipis-tipis.

Cara Membuat Lumpia

Kulit Lumpia: Pertama-tama campur bahan-bahan kulit, kecuali air bersih. Jika semuanya sudah tercampur secara merata, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit supaya adonan tidak bergerindil. Siapkan teflon yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak goreng. Tuangkan adonan 1 ½ sendok sayur. Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.

  1. Setelah itu, rebus semua bahan isi setengah matang. Tiriskan.

  2. Siapkan wajan dengan minyak secukupnya untuk menumis bumbu yang dihaluskan dan bahan isi yang telah direbus. Sisihkan.

  3. Ambil 1 lembar kulit, beri 2 sdm isian Lumpia. Lipat bagian tepi-tepinya dan gulung. Sisihkan. Ulangi hingga kulit dan habis.

  4. Terakhir, goreng sampai emas kecoklatan dengan api sedang supaya kulit renyah.

  5. Sajikan lumpia dengan saus atau cabai.

5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page