top of page
Search
  • Wisdom Mall

Bisnis Makanan Ringan Ini Bisa Dijalankan dengan Modal Pas-pasan!

Bisnis gak harus melulu berbujet besar, seperti bisnis makanan ringan. Kalau dijalankan dengan sungguh-sungguh, bisnis murah meriah itu bisa kok jadi ladang pendapatan utama. 

Di Indonesia, makanan ringan kamu gak perlu sewa tempat mahal atau lapak yang besar. Tinggal cari lokasi strategis dengan biaya sewa yang murah, langsung deh gelar gerobak di pinggir jalan! 

Salah satu lokasi strategis untuk bisnis ini yaitu di perumahan-perumahan padat penduduk. Warga biasanya mulai keluar cari jajanan di soDi Indonesia, makananre hari sampai malam hari. 

Nah, udah deh di jam-jam itu kamu tinggal tunggu duduk manis sampai pembeli datang menghampiri. 

Lalu, bisnis makanan ringan apa yang bisa dijadikan ladang pendapatan? Berikut, kita rangkum beberapa kudapan yang bisa kamu jajakan di pinggir jalan dengan bujet murah: 

1. Kue Cubit

Siapa sih yang gak kenal jajanan SD ini. Popularitasnya sampai saat ini masih naik daun. Seiring dengan berkembangnya selera lidah masyarakat Indonesia, kue cubit hadir dengan berbagai macam rasa. https://lifepal.co.id/media/wp-content/uploads/sites/3/2016/02/makanan-yang-gampang-dimasak-3-1.jpg


Kalau dulu paling kita cuma kenal rasa original alias gak ditambah topping apa-apa dan diberi topping cokelat, kini ada rasa green tea, oreo, nutella, dan masih banyak lagi. 

Nah, kamu bisa banget nih terjun ke bisnis makanan ringan kue cubit. Modalnya paling cuma gerobak atau meja kecil, peralatan memasak seperti tempat adonan dan kompor, dan bahan-bahan kuenya. 

2. Roti bakar

Seperti halnya kue cubit, bisnis roti bakar juga banyak kreasinya. Bisa diisi beragam topping seperti marshmallows, sereal, macam-macam selai, dan masih banyak lagi. 

Roti bakar biasanya banyak dijual di malam hari. Cuma bermodalkan gerobak atau tenda kecil di pinggir jalan juga bisa meraup pembeli. 

Paling enak sih kalau kamu jualan dengan tenda, serta dilengkapi kursi dan mejanya. Tujuannya, agar pembeli merasa nyaman, buat nongkrong dan duduk berlama-lama. 

Untuk memperbanyak varian menunya, pedagang roti bakar biasanya gak cuma jual menu roti doang, tapi juga ada menu lainnya seperti mie dan minuman-minuman dingin.

3. Batagor

Batagor merupakan makanan khas dari Bandung yang termasuk dalam bisnis makanan ringan menjanjikan. Teksturnya yang renyah dilengkapi dengan siraman bumbu kacang sukses membuat orang-orang ketagihan. 

Bahan baku untuk membuatnya juga murah kok. Cukup menggunakan tepung tapioka, dan ikan tenggiri. Harga per porsinya mulai dari Rp 7.000-Rp 20.000.

4. Seblak

Satu lagi makanan khas Bandung yang layak untuk dijadikan bisnis adalah seblak. Makanan ini berbahan baku kerupuk tapi tidak digoreng, melainkan direbus. 

Untuk menambah kesedapan rasanya, rebusan tersebut kemudian dimasak dengan bumbu seperti garam, kencur, dan bawang. Campurannya bisa menggunakan bakso dan telur. 

Oh iya, ciri khas dari masakan ini adalah rasanya yang pedas, jadi jangan sampai lupa untuk mencemplungkan cabai! 

Sama dengan jualan makanan ringan lainnya, modal untuk dagang seblak cuma gerobak, kompor, serta bahan-bahan masakannya. 

5. Gorengan

Camilan yang satu ini sudah pasti mendatangkan untung buat penjualnya. Gorengan, makanan yang cenderung kurang sehat, tapi paling laris diburu masyarakat. 

Bermodalkan gerobak dan kompor, kamu sudah bisa membuat aneka jenis gorengan seperti tempe, tahu, cireng, ubi, singkong, dan molen. 

Untuk lebih menghemat waktu, bahan baku tersebut sudah kamu persiapkan lebih dulu di rumah. Kemudian, sesampainya di lapak jualan, tinggal digoreng deh supaya fresh

Pastikan menggunakan bahan baku terbaik saat terjun ke bisnis makanan ringan ini. Seperti minyak yang bersih, dan selalu jaga kehigienisan gerobak. Kalau minyaknya sudah hitam, segera ganti dengan yang baru. 

6. Jajanan pasar

Bisnis makanan ringan satu ini gak mengharuskan kamu memiliki kompor dan gerobak. Karena di sini kamu cuma bertugas sebagai reseller jajanan tersebut. 

Caranya adalah, kamu membeli di pasar pada pagi hari, kemudian kamu jual lagi di kompleks atau lingkungan rumah dengan harga yang telah dinaikkan sedikit dari harga belinya. 

Jajanan pasar itu terdiri dari risol, klepon, onde-onde, dadar gulung, kue lumpur, pukis, dan masih banyak lagi. Modalnya cuma meja kecil atau gerobak doang! 

Tapi, kalau kamu bisa bikin sendiri sih justru lebih bagus lagi, karena keuntungannya bakalan lebih besar nantinya. 

7. Jualan dim sum

Dim sum merupakan makanan khas dari China. Dari teksturnya, mirip sekali seperti siomay. Kalau dulu dim sum merupakan makanan elite yang mungkin hanya ada di restoran, tapi kini dim sum sudah banyak dijual di pinggiran jalan. 

Bisnis makanan ringan ini menjadi sangat populer karena kelezatan dan keanekaragaman isinya, ada yang isi ayam, udang, cumi, hingga daging sapi. Kamu bisa berjualan dim sum di pinggir jalan hanya dengan bermodalkan alat kukusan untuk menjaganya tetap hangat. 

8. Keripik lidi

Makanan ringan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah keripik lidi. Beberapa tahun belakangan, jajanan yang sering ditemui di Sekolah Dasar ini emang kembali ngehits di media sosial.

Selain rasanya yang enak dan teksturnya yang gurih, cemilan yang satu ini juga memberikan kenangan nostalgia buat siapapun yang mencicipinya.

9. Makaroni gurih

Bukan cuma keripik lidi, pasta yang berasal dari negara Italia yakni makaroni juga gak lepas dari penglihatan para pebisnis Tanah Air untuk dijadikan sebuah cemilan. Ada 2 tipe olahan makaroni yang biasa ditemukan di pasaran yakni kering dan basah.

Karena rasanya yang gurih dan pedas bikin nagih, dijamin pelanggan tadinya cuma mencicip jajanan buatan kamu buat ini akan datang kembali untuk membelinya. Harga makaroni di pasaran juga gak terlalu mahal, jadi modal yang kamu persiapkan bisa lebih minim lagi deh!

10. Tahu crispy

Harus diakui orang Indonesia sangat menyukai makanan dengan tekstur yang crispy alias renyah. Dibalut dengan kulit yang garing, tahu crispy adalah cemilan pinggir jalan yang sangat pas untuk kamu coba.

Meskipun harus bersaing dengan merek yang sudah viral, produk yang kamu sajikan bisa tetap laku dengan mementingkan rasa serta harga kompetitif.

11. Cireng

Bisnis makanan ringan kesebelas yang bisa kamu coba adalah cireng yang memiliki bahan dasar aci. Cireng umum ditemukan di pedagang gorengan di pinggir jalan.

Namun kamu bisa berinovasi dengan memberikan sentuhan rasa yang unik dengan menghadirkan sambal rujak dalam paket penjualan.

12. Basreng

Basreng merupakan jajanan asal Jawa Barat yang terkenal nikmat dimakan saat bersantai. Rasa makanannya yang gurih dan pedas bikin orang yang mengkonsumsinya sulit untuk berhenti.

Buat kamu yang tertarik menjajakan makanan ringan ini bisa memasarkannya lewat online agar semakin banyak pelanggan yang beli.

13. Cilok

Masih dari bumi Jawa Barat, kali ini ada cilok yang merupakan singkatan dari ‘Aci Dicolok’. Cemilan ini memiliki tekstur yang lembut cenderung kenyal ketika masuk dalam mulut.

Seiring banyaknya inovasi, ada juga cilok yang digoreng untuk memanjakan lidah para pelanggan yang suka dengan tekstur garing.

14. Singkong goreng

Bukan hanya nasi, singkong juga merupakan bahan makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Oleh karena itu, gak sedikit masyarakat yang doyan untuk mengkonsumsinya sehari-hari.

Harga singkong di pasaran yang relatif stabil dan murah bisa menjadi keuntungan kamu memilih usaha makanan ringan.

15. Keripik pisang

Bisnis makanan ringan terakhir yang bisa dicoba adalah keripik pisang. Rasa pisang yang gurih serta manis menjadi alasan kenapa jajanan ini masih tetap eksis sampai hari ini.

Namun untuk memulai usaha ini kamu perlu sedikit belajar dalam memilih pisang dan cara mengolahnya yang benar agar menghasilkan kualitas makanan yang lezat di mulut pelanggan. Tertarik untuk mencoba?

Itu tadi 15 ide bisnis makanan ringan yang bisa kamu jual di pinggiran jalan dengan modal minim.

Kalau mau laris manis, kamu harus tetap memerhatikan kualitas rasanya, serta harga yang bersahabat dengan kantong pembeli. So, mau bisnis makanan ringan?

3 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page