top of page
Search
  • Wisdom Mall

Daur Ulang Sampah

Daur ulang sampah plastik ternyata tidak hanya bermanfaat untuk memelihara lingkungan, namun juga dapat dijadikan sebagai salah satu bisnis dengan pendapatan yang menggiurkan. Kamu tertarik? Kenapa bisnis daur ulang sampah plastik bisa sangat menjanjikan?

Menurut studi dari McKinsey and Co. dan Ocean Convervancy yang dirilis Tirto.id, Indonesia tercatat sebagai negara penghasil sampah tertinggi kedua di dunia. Itulah salah satu alasan utama bisnis ini sangat menjanjikan, karena kamu tidak akan kehabisan stok bahan baku utama bisnis ini.


Kenapa Perlu Daur Ulang Sampah Plastik?


Selain karena alasan bisnis, setidaknya ada tiga alasan penting kenapa sampah plastik harus didaur ulang. Alasan tersebut termasuk kepentingan untuk melindungi kesehatan dan lingkungan dari bahaya yang ditimbulkan sampah plastik. Inilah alasan kenapa sampah plastik harus didaur ulang:


1. Meminimalisir Sistem Landfill dan Pembakaran

Plastik adalah jenis bahan yang sangat sulit terurai secara alami dengan tanah, oleh karena itu membutuhkan cara lain untuk memusnahkannya. Di antara cara yang biasa digunakan untuk memusnahkan sampah plastik adalah dengan sistem landfill dan pembakaran.


Pada metode landfill, sampah plastik ditimbun dengan tanah dan kemudian dibiarkan begitu saja. Sementara dengan metode pembakaran malah menimbulkan pencemaran sampah plastik melalui asap pembakaran yang dihasilkan. Kedua metode ini sangat tidak efektif karena bahaya sampah plastik yang ditimbulkan malah jauh lebih besar.


2. Melindungi Kesehatan Manusia dan Lingkungan

Masih berhubungan dengan alasan pertama, pengendalian sampah plastik memiliki tujuan utama untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan. Dengan daur ulang sampah plastik, potensi bahaya yang ditimbulkan bagi manusia dan lingkungan tentu akan jauh berkurang.


3. Menghemat Sumber Daya Alam

Alasan yang terakhir adalah untuk menghemat sumber daya alam. Sampah plastik yang didaur ulang kembali berarti tidak perlu ada lagi plastik baru dan cukup mengolah sampah plastik lama menjadi material baru.


Peluang Usaha Daur Ulang Sampah Plastik


Peluang usaha pengolahan sampah plastik bisa dibilang masih sangat prospektif karena besarnya respon masyarakat dan minimnya pelaku bisnis ini. Apalagi, jika melihat secara nasional masih terbatas sekali pihak yang tertarik dan menggeluti bisnis pengolahan sampah plastik ini. Selain itu, bisnis ini juga cocok dijadikan sebagai usaha dalam skala rumahan karena tidak membutuhkan modal terlalu besar. Usaha ini pun tak mengenal batasan waktu karena bisa dilakukan setiap saat tanpa ada hambatan. Terakhir, kebutuhan plastik yang masih sangat tinggi di Indonesia bisa menjadi sebuah kesempatan besar yang dapat membuat bisnis ini terus bertahan.


Tips Memulai Usaha Daur Ulang Sampah Plastik


Sama seperti model bisnis lainnya, bisnis ini pun tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika kamu berminat menjalankan bisnis ini, sebaiknya pahami dulu segalanya dengan baik agar terhindar dari kegagalan. Sebagai tambahan, beberapa tips berikut ini juga bisa kamu simak sebelum memulai usaha daur ulang sampah plastik.


1. Siapkan Lahan yang Cukup

Sebelum memulai, siapkan sebuah lahan yang cukup luas untuk dijadikan gudang penyimpanan plastik bekas serta hasil biji plastiknya. Adanya lahan ini sangat penting terutama untuk proses penyortiran berbagai jenis plastik dan cara pengolahannya.

2. Siapkan Modal yang Cukup

Jangan lupa siapkan modal awal yang cukup untuk membeli bahan baku plastik bekas dari pemulung. Selain itu, modal awal juga dibutuhkan untuk keperluan lainnya hingga usaha bisa bergulir dengan lancar.


3. Beli Mesin Daur Ulang Sampah Plastik yang Tepat

Siapkan juga mesin penggiling plastik dan timbangan untuk memudahkan proses pengolahan. Untuk mesin penggiling plastik ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu. Tak perlu memaksakan di awal, yang penting usaha bisa berjalan lancar.


4. Terus Pelajari Metode Daur Ulang Sampah Plastik

Pahami berbagai metode pengolahan plastik dan sistem pengelolaan modal agar arus kas tetap lancar. Perbanyak belajar dan bertukar pikiran dengan para pelaku bisnis ini bisa menjadi kunci sukses yang penting!


5. Rekrut Karyawan sesuai Kebutuhan

Rekrut beberapa karyawan yang bertugas untuk membersihkan, menyortir, dan menggiling plastik bekas. Tak perlu banyak-banyak asalkan bisa mencukupi kebutuhan SDM usahamu.


6. Perluas Koneksi Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik

Cari koneksi pengepul sampah plastik sebanyak mungkin untuk diajak bekerja sama. Jangan lupa juga memperluas jejaring yang terkait dengan bisnis ini dari hulu ke hilir agar bisnis semakin lancar.


7 Cara Daur Ulang Sampah Plastik yang Benar


Jika kamu telah siap menjalankan bisnis ini, baik dalam skala industri ataupun skala kecil rumahan, simaklah cara mengolah sampah plastik berikut ini. Cara pengolahan sampah plastik ini berlaku secara umum dan tetap bisa kamu lakukan meskipun bisnis kamu berskala rumahan. Inilah 7 cara daur ulang sampah plastik yang benar:

  1. Langkah pertama, bersihkan plastik dari berbagai kotoran seperti kertas, label plastik, ataupun bagian lain yang masih melekat.

  2. Cara membersihkannya bisa dengan pisau cutter dan juga dicuci hingga bersih.

  3. Pastikan plastik menjadi pipih. Bila plastik berongga seperti botol, pipihkan dengan cara diinjak atau gunakan mesin press.

  4. Langkah selanjutnya, masukkan plastik ke dalam mesin penghancur plastik.

  5. Pilah serpihan plastik yang telah remuk berdasarkan jenisnya (ada yang mengapung dan tenggelam di air).

  6. Setelah dipilah, plastik kemudian dipisahkan sesuai jenisnya dan dimasukkan ke dalam mesin pelebur.

  7. Terakhir, plastik yang dihasilkan mesin pelebur akan berbentuk helaian. Kemudian helaian plastik tersebut dipotong dengan mesin pellet dan itulah yang disebut bijih plastik.

8 Pengusaha dan Gerakan Daur Ulang Sampah Plastik Sukses di Indonesia


Ini merupakan sebuah usaha pengolahan plastik dengan sistem waralaba dan siapapun bisa ikut bergabung menjadi mitranya.

Ini juga merupakan sebuah usaha pengolahan plastik dengan sistem waralaba dan siapapun bisa ikut bergabung menjadi mitranya.

3. Indra Noviansyah

Pemuda ini adalah contoh pengusaha daur ulang sampah plastik yang sukses dan bahkan usahanya pun telah mendapat pengakuan di level Asia.

4. Gerakan Diet Kantong Plastik

Ini adalah gerakan berskala nasional yang berfokus pada langkah-langkah penanganan sekaligus pengolahan sampah plastik di seluruh Indonesia.

5. Gerakan Satu Juta Tumbler

Gerakan nasional ini diinisiasi oleh Kementrian Informasi (Kemeninfo) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk mengedukasi generasi muda soal sampah.

6. Generasi Tanpa Plastik

Inisiator gerakan ini sama seperti Gerakan Satu Juta Tumbler namun dengan tujuan berbeda yaitu untuk memerangi sampah plastik di Indonesia.

7. Bye Bye Plastik Bag

Gerakan yang diinisiasi dua bersaudara Melati dan Isabel Wijsen ini telah ada sejak 2013 dan kini bahkan sudah merambah hingga ke mancanegara.

8. Zero Waste Nusantara

Diinisiasi oleh Jeanny Primasari, gerakan ini berusaha menyebarkan prinsip hidup zero waste sebagaimana yang digemakan oleh Bea Johnson, seorang zero waster asal Perancis.


Selamat mencoba bisnis ini!

5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page