top of page
Search
  • Wisdom Mall

Gethuk Lindri

Siapa yang tidak mengenal dengan gethuk lindri ? Gethuk lindri merupakan jajanan tradisional yang berasal dari ketela pohon ataupun dari singkong. Kita dapat menjumpai makanan ini biasanya di pasar ataupun di toko – toko kue. Untuk membuat gethuk ini pertama singkong hasrus dikupas kulitnya terlebih dahulu, kemudian dicuci bersih dan dikukus hingga singkong benar – benar matang. Jika singkong sudah matang, singkong bisa digiling atau ditumbuk dan kemudian ditambahkan dengan gula dan pewarna makanan agar gethuk memiliki tampilan yang menarik.

Untuk penyajiannya gethuk lindri akan terasa nikmat jika disajikan dengan menggunakan parutan kelapa yang ditaburi di bagian atasnya. Makanan tradisonal ini sangat banyak digemari oleh semua kalangan karena selain alasan harganya yang sangat terjangkau gethuk lindri ini terkenal akan rasanya yang nikmat. Karena jajanan ini masih eksis di pasaran, hal ini masih memberikan peluang usaha yang masih sangat terbuka lebar. Anda yang memiliki bahan baku berupa singkong yang melimpah, bisa memanfaatkan bisnis ini untuk menambah penghasilan keluarga Anda. Di bawah ini adalah resep untuk membuat makanan gethuk lindri.


Bahan yang perlu disiapkan : • Singkong 1000 gr • Gula pasir 200 gr • Margarin 50 gr • Garap 1/4 sdt • Vanili 1/4 sdt • Kelapa setengah tua, parut dan kukus 1/4 butir • Keju yang di parut 150 gr • Pewarna makanan ( warna sesuai selera ) 1/2 sdt • Pasta cokelat 1 sdt • Keju 100 gr ( untuk taburan


Cara pembuatannya : 1. Kupas singkong terlebih dahulu, lalu cuci bersih dan potong – potong. Kukus sampai matang, lalu angkat dan lumatkan pada keadaan panas, buang serta dagingnya. 2. Tambahkan margarin, garam, gula pasir serta vanili, aduk terus sampai merata. Lalu masukan parutan kelapa dan keju ke dalam adonan tersebut, dan aduk terus hingga merata. Lalu bagi 2 adonan tersebut. Berikan pewarna makanan ( sesuai selera ) pada adonan, lalu untuk adonan yang satu lagi berikan pasta cokelat, aduk terus sampai merata. 3. Setelah itu masukan ke dalam gilingan yang digunakan khusus untuk getuk lindri. Setelah itu potong – potong sepanjang 6 cm hingga adonan habis. 4. Setelah habis, getuk lindri keju spesial siap di sajikan, dan jangan lupa menaburinya lagi dengan parutan keju.


Dalam menjalankan usaha gethuk lindri ini tentunya Anda memperlukan peralatan yang dapat memudahkan Anda untuk membuat gethuk lindri. Salah satu peralatan yang sangat cocok untuk Anda gunakan dalam menjalankan usaha ini adalah alat yang dapat menggiling singkong sebagai bahan dasar untuk pembuatan gethuk lindri. Singkong yang akan dibuat gethuk lindri ini harus digiling agar kerjanya lebih praktis dan juga agar dapat memberikan tekstur yang lembut pada gethuk lindri.

Nah setelah Anda membaca resep dari pembuatan gethuk lindri sangat mudah bukan? Anda bisa mencoba resep ini di rumah dan kemudian bisa dikembangkan untuk menjalankan usaha yang dapat mendatangkan keuntungan untuk Anda.

2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page