top of page
Search
  • Wisdom Mall

Ide Bisnis Dari Kerajinan Sabun Mandi Batangan

Kerajinan dari Sabun Batang

Sabun batang dapat dijadikan menjadi salah satu karya seni yang memukau. Karena sabun memiliki tekstur yang padat namun sangat lentur. Hal ini membuatnya bisa diubah sedemikian rupa namun tetap padat. Kalian hanya perlu kreativitas dan kemauan untuk menyulap barang biasa ini menjadi bernilai tinggi.


Teknik Cara Membuat Kerajinan Dari Sabun Mandi

Teknik utama yang digunakan dalam proses pembuatan kerajinan bahan sabun batangan yaitu dengan menggunakan teknik ukir atau pahat.

1.Teknik ukir atau pahat

Sabun mandi batangan diukir menggunakan pisau ukir atau alat ukir berdasarkan sketsa atau motif dan bentuk tertentu. Tekniknya mirip mengukir pada kayu.


2. Teknik leleh dan cetak (melt and pour).

Sabun mandi dilelehkan dan dicampur dengan bahan lain, selanjutnya tuangkan sabun yang sudah dilelehkan ke dalam cetakan sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Teknik ini lebih mudah dan cepat dari pada teknik ukir, namun menurut pandangan hasil kurang begitu indah, beda dengan teknik ukir.


Alat dan Bahan


Bahan yang harus di siapkan yaitu :

  1. Sabun mandi batangan yang masih utuh (sesuai apa yang kamu inginkan warnanya)

  2. Pensil tulis

  3. Alat ukir bisa juga menggunakan pisau kecil atau kawat dan lainnya

  4. Bisa ditambah cat warna yang air

  5. Air atau kertas dan amplas

Cara membuat kerajinan dengan sabun seperti di bawah ini:

  1. Ambil pensil dan sabun kemudian gambar pola dasar apa yang ingin kamu buat nantinya

  2. Ukir bagian luar sabun lalu gambar sketsa yang akan dibuat agar lebih terlihat pola yang akan kamu buat

  3. Kemudian ukir kembali dengan sedikit kedalaman sekitar yang sama jangan terlalu dalam juga

  4. Ukir bagian gambar yang detail sesuai keinginan yang kamu mau

  5. Amplas atau menggunakan air agar ukiran menjadi halus dan bagus

  6. Jika ingin diwarnai bisa kamu menggunakan cat warna yang sudah kamu siapkan tadi

  7. Kemudian kamu keringkan sabun yang sudah kamu ukir beberapa jam sampai cat benar-benar kering

  8. Jadilah kerajinan tangan yang unik dari sabun mandi yang kamu inginkan

Alasan Sabun Dapat Menjadi Kerajinan Tangan:

  1. Mudah dibentuk

  2. Mudah diperoleh

  3. Harga terjangkau

  4. Simple dan menarik

Sabun adalah salah satu bahan yang lunak, sehingga sabun sangat mudah disulap menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik, lucu dan memiliki nilai tersendiri. Selain mudah dibentuk, harga sabun relatif murah dan mudah didapat.

Selain itu sabun merupakan salah satu personal care yang pasti dibutuhkan setiap hari. Sebagai produk pembersih badan, sabun tersedia dalam 2 bentuk yakni sabun batang dan sabun cair yang masing dapat kaliam manfaatkan sesuai kebutuhan.


Hasil Ukiran dari Sabun Mandi Batangan

Di bawah ini merupakan bukti hasil kerajinan yang berasal dari sabun mandi batangan yang mampu menyulap sabun menjadi kerajinan tangan, sehingga sabun menjadi sangat cantik, indah, dan sangat menarik.


Macam-macam kerajinan tangan sabun mandi batangan


“Dengan memanfaatkan sabun mandi batangan kalian akan dapat dengan mudah membuat berbagai kerajinan yang indah. Namun dalam membuat suatu kerajinan kalian hanya membutuhkan skill dalam menggambar dan mengukir saja”.


Manfaat Kerajinan Dari Sabun Mandi Batangan

Membuat banyak kreasi dengan modal sabun mandi, sebenarnya banyak sekali manfaat yang kalian dapat. Manfaat tersebut di antaranya adalah sebuah kreatifitas, pendidikan, pendapatan tambahan, dan hiasan untuk rumah.


Manfaat Kerajinan Sabun Untuk Anak

  1. Ilmu dan pengetahuan anak akan semakin cepat berkembang dengan pesat dan juga berpotensi apabila mereka sudah menemukan hal-hal yang baru yang menurutnya unik untuk di kembangkan.

  2. Menggali kemampuan seni dan kreativitas bagi anak. Sehingga segala imajinasi anak akan dapat di keluarkan, sehingga dari imajinasi tersebut akan mampu membentuk pengrajin yang handal.

  3. Ketika seorang anak sudah mulai tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa maka otomatis anak tersebut akan semakin kreatif dalam melakukan sesuatu dan tidak akan pernah merasa bingung dalam menemukan ide-ide baru.

  4. Dalam membuat kerajinan sabun ini, maka anak akan cenderung lebih cakap dan tanggap bahkan sangat gembira apabila dia sudah bisa menciptakan kreasinya sendiri.

Manfaat Kerajinan Dari Sabun Untuk Kreatifitas

Untuk menggali lebih jauh lagi atas kreatifitas dari setiap orang atau individu. Sehingga akan dapat di kembangkan dengan cara membuat sebuah sebuah kerajinan yang cantik, unik, dan bagus.


Manfaat Kerajinan Dari Sabun Untuk Hiasan Ruangan Rumah

  1. Untuk mempercantik atau memperindah ruangan rumah, agar semakin menarik dan nyaman jika di pandang.

  2. Selain itu dapat bermanfaat sebagai kekreatifitas kita.

  3. Manfaat lain yang dapat kita peroleh, kita akan menjadi media belajar bagi anak-anak kita. Terutama dalam melatih kekreativitasanya.

Beraneka ragam bentuk kerajinan tangan dari sabun yang lucu, indah dan menarik. Sehingga membuat banyak orang menjadi kagum ketika melihatnya. Karena karya seni ini juga banyak dicari orang, untuk digunakan sebagai pajangan di rumah.

9 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page