top of page
Search
  • Wisdom Mall

Jurus Jitu Jual Beli Motor Bekas Laris Manis bak Kacang Goreng

Berbisnis jual beli motor bekas itu ngeri-ngeri sedap. Ngeri karena saingannya banyak. Mulai dari yang kelas teri alias majang motor bekas di pinggiran jalan sampai yang buka showroom dengan puluhan motor bekas berjejer rapi.

Tinggal bagaimana menarik konsumen bersedia datang dan syukur-syukur bertransaksi di tempat.

Itulah pentingnya strategi dalam berbisnis si kuda besi ini. Tanpa strategi yang tepat, lapak bakalan sepi dari pengunjung.

Urusan strategi ini mesti masuk dalam daftar teratas ketimbang modal. Percuma modalnya gede tapi gagal jual motor.


Mungkin strategi pertama adalah diferensiasi. Tentukan mau jual motor jenis apa. Kan di pasaran banyak jenis motor. Mulai dari motor gede, motor sport, skuter, matik, sampai trail.


Lebih baik pilih salah satu saja daripada harus menjual semua jenis motor. Atau bisa pula hanya menjual motor merek tertentu saja seperti khusus jual Vespa atau Yamaha. Bisa juga hanya motor sprot sejenis Honda CBR atau Kawasaki Ninja.


Strategi ini sudah ada beberapa yang menerapkan. Seperti Roby yang membuka showroom motor trail bekas di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ada ada pula beberapa showroom yang hanya memajang motor berkapasitas mesin di atas 250 cc.

Hanya menjual satu jenis motor membuat bisnis jual beli motor gampang dikenal konsumen.

Sebisa mungkin memilih jenis motor yang banyak dicari dan punya komunitasnya. Sebut saja motor trail atau motor sport macam Kawasaki Ninja maupun Honda CBR250R.


Bisnis Jual Beli Motor Bekas Dengan Jurus Jitu

Pilihan motor yang dijual ini pastinya akan berpengaruh pada segmen pasar. Alhasil, melakukan pendekatan dengan komunitas atau klub-klub motor penting dilakukan. Bagaimana pun mereka adalah pangsa pasar paling potensial.

Selain itu, tak ada salahnya pula menjalin kerjasama dengan mereka dalam urusan motor yang hendak diperjualbelikan. Misalnya bersedia dititipkan motor yang hendak mereka jual.

Keuntungan lainnya dari mendekati komunitas ini adalah mereka lebih menghargai nilai dari motornya. Bagi para klub-klub biker, motor tak sekadar berfungsi sebagai alat mobilitas belaka tapi lebih dari itu. Motor adalah simbol dan identitas diri.


Biar lebih efektif lagi, tak ada salahnya membuat acara kumpul-kumpul dengan para klub bikers ini. Kalau pun tak sempat, bisa pula gabung dengan forum-forum di internet yang membahas motor yang dijual.

Kelebihan dari cara ini adalah bisa mengembangkan bisnis dari awalnya jual beli motor bekas ke arah menyediakan spare part maupun aksesori motor. Itu nanti jika sudah mendapatkan konsumen yang loyal dan bisnis sudah terbilang jalan.

5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page