top of page
Search
  • Wisdom Mall

Kenapa Usaha Cuci Mobil Menggiurkan?

Bisnis Usaha cuci mobil ternyata makin gampang dan menjamur. Selain karena munculnya mobil LCGC yang murah, kenaikan pendapatan orang indonesia juga menyebabkan jumlah kendaraan roda empat ini melejit tajam. Pantas saja usaha cuci mobil laris manis meski makin banyak saingan.


Hanya saja ada sebagian orang yang memulai bisnis ini dengan gegabah dan melupakan faktor faktor yang akan saya bahas. Misalnya lokasi, kesalahan di awal menyebabkan usaha mereka hanya berumur beberapa bulan.


Anda suka memperhatikan mobil-mobil yang berlalu-lalang di jalan rayakah? Pernahkah sampai pada gagasan : kira-kira pemiliknya mencuci mobilnya sendiri atau meminta orang lain mencucikannya? Kalau sudah sampai ke sini berarti Anda siap membuka usaha baru yaitu usaha cuci mobil atau car wash.


Ringkasan Cara Memulai Usaha Cuci Mobil.


Ringkasnya begini cara memulai usaha cuci mobil. Di bagian bawah saya akan menjelaskan detailnya satu per satu.

  1. Pilih jenis cuci mobil yang akan anda buka. Tentukan dahulu konsep usahanya seperti apa. Apakah Anda menjalankan usaha cuci mobil manual, car wash otomatis, maupun robotic.

  2. Sediakan modal sesuai usaha cuci mobil yang dipilih.

  3. Lokasi – Lokasi – Lokasi. Cari lokasi yang sesuai. Lokasi luas dengan tempat strategis dan punya saluran air yang baik menjadi pertimbangan awal dalam memilih lokasi.

  4. Membeli keperluan usaha. Mulai dari alat utama seperti hidrolik, mesin car wash otomatis, hingga semua cairan dan perlengkapan.

  5. Merekrut dan mengelola karyawan.

  6. Promosikan usaha anda dan pertahankan pelanggan agar kembali.

  7. Membuat usaha sampingan untuk menambah untung, misalnya jualan minuman ringan.

Persiapan, Kenali 4 Jenis Cuci Mobil


Meskipun anda sudah membaca banyak artikel di internet atau buku, saya sangat menyarankan anda untuk ke luar rumah. Kunjungi usaha cuci mobil di banyak tempat. Lihatlah, mana yang cocok dengan selera masyarakat dan dana anda.

Jangan hanya diam dan melihat, cobalah bertanya ke pelanggan yang sedang mencuci, apa yang paling diharapkan dari cuci mobil.  Bertanyalah ke karyawan, kenapa cuci mobilnya laris. Bertemanlah dengan pebisnis cuci mobil lainnya kedepannya anda akan bisa melakukan penghematan besar, mulai dari bahan baku seperti sampo dan sabun murah, alat murah, sampai kesalahan fatal yang tidak perlu terjadi. Catat ini, anda harus keluar dan melihat sebanyak mungkin tempat cuci mobil, yang laris dan yang sepi.

Setelah berkeliling anda akan menemukan setidaknya ada 4 jenis cuci mobil. Pilih 1 yang cocok untuk anda. Semua Ada plus minusnya.


Ke empat jenis cuci mobil tersebut adalah :

  1. Cuci Mobil Hidrolik

  2. Cuci Mobil Robotik

  3. Cuci Mobil Manual

  4. Cuci Mobil manual dengan Tanjakan untuk Kolong

Berapa kira-kira modal usaha yang Anda butuhkan?


Agar gampang kita akan memisahkan antara modal usaha dan biaya operasional.


a. Modal :

Paket Alat Cuci Mobil: 51.000.000

Radio dan meja kursi Tunggu: 2.000.000

Pembuatan sumur: 5.000.000

Tulisan Spanduk cuci mobil: 100.000

Total modal  Usaha Cuci Mobil: 58.100.000


b. Biaya Operasional Bulanan

Sampo mobil untuk 1 bulan: 200.000

Kanebo: 80.000

Semir Ban: 140.000

Listrik dan Air: 1.000.000

Bahan Bakar Kompresor: 400.000

Total biaya operasional cuci mobil  tanpa karyawan: 1.820.000


Menganalisa Keuntungan Usaha Cuci Mobil

Jumlah mobil yang dicuci tiap hari bervariasi.  Hari Sabtu dan Minggu biasanya lebih laris daripada hari lain. Kadang juga sepi, misalnya saat musim hujan sedang deras derasnya.  Untuk memudahkan perhitungan, kita asumsikan anda mencuci 10 mobil perhari atau 300 mobil sebulan.

Penghasilan cuci mobil 35.000 x 300: 10.500.000

Biaya Operasional bulanan: 1.820.000

Keuntungan bersih: 8.680.000

Oke mari kita jelaskan satu persatu. Kita Mulai dari modal.

Misalnya memutuskan membuka usaha cuci mobil model hidrolik, anda bisa membeli paket seperangkat alat cuci mobil.


Di Jakarta, paket seperti berikut seharga Rp 51 jutaan, bisa mendapat 2 mesin hidrolik

Hidrolik Mobil + Oli: 2 Unit

Kompresor Udara 2 PK: 1 Unit

High Presure Gun (penyemprot) 1/2 inch + 2 Selang 1/2 inch (2HP): 1 Unit

Tabung Snow Medium Stainless 304: 1 Unit

Vacuum Cleaner: 1 Unit

Selang Spiral: 4 Unit

Air Duster: 2 unit


Lokasi Usaha


Salah memilih lokasi artinya bangkrut tinggal menghitung hari. Lokasi yang paling cocok untuk cuci mobil setidaknya ada 2 :

  1. Jalan Raya di dekat kumpulan perumahan biasa. Warga yang tinggal di perumahan biasanya kelas menengah, waktunya sedikit dan kadang kerja di luar kota. Untuk urusan cuci mobil biasanya mereka melakukan hari sabtu dan memilih yang dekat rumah, kadang malah di tinggal.Perumahan biasa ya, bukan perumahan elit. Ini dikarenakan pemilik perumahan elit sudah punya sopir yang siap mencuci mobil juragannya.

  2. Di dekat parkiran, umumnya di mall atau swalayan Contohnya di jogja, cuci mobil yang di parkiran mall ambarukmo Plaza sering  ramai.  Biasanya pengunjung mall sambil belanja mencucikan mobilnya, jadi lebih hemat waktu.

Nah jika tidak menemukan dua lokasi di atas anda bisa mencoba di beberapa tempat berikut :

  • Jalan raya antar kecamatan

  • Jalan raya yang dekat SPBU

  • Jalan raya yang dekat pasar

Adapun tempat yang biasanya kurang oke untuk cuci mobil adalah :

  • dekat perumahan elit, sudah saya jelaskan tadi, pemilik punya sopir yang siap mencuci.

  • dekat perkantoran karena bisanya ada Office Boy dan Satpam yang semangat sekali mencuci mobil  demi tambahan penghasilan

  • di pedesaan

  • di tempat yang airnya kumuh

Untuk lokasi, anda harus menyiapkan kocek sekitar Rp 10 – 25 juta jika membuat sendiri dengan lahan yang sudah dimiliki. Itu pun tergantung bentuk bangunan. Biaya ini  termasuk biaya material, genteng dan tukang.


Jika ingin hemat silahkan  menyewa bekas gudang, anda tinggal memolesnya sedikit. Meski demikian, jangan pernah berkompromi dengan lokasi, percuma jika biaya hemat tetapi pelanggan sepi. Biaya sewa di sekitar jalan raya kecamatan berada di haraga 12 – 24 juta setahun, silahkan nego agar bisa dibayar per bulan atau per 3 bulan.


Jangan lupa menyiapkan ruang tunggu dan radio untuk menghibur  pelanggan yang menunggu cuci mobil. Saya rasa 3 kursi dan 1 radio cukup deh 2 juta rupiah.


Untuk sumber air pastikan tercukupi dan bersih. Bisa air PAM bisa juga air tanah, yang penting anda memastikan di lokasi anda ada air.


Mengelola Karyawan


Ada tiga cara menggaji karyawan yaitu dengan sistem bagi hasil, sistem gaji tetap, dan sistem campuran. Saya menyarankan anda memilih sistem campuran. Karyawan anda mendapat gaji tetap sebagai kepastian dia jika usaha anda sepi dan dia juga mendapat bagi hasil jika usaha sedang ramai – ramainya. Ini bisa anda terapkan jika menginginkan karyawan anda semangat bekerja dan tak kenal capek.

Dalam perhitungan di atas saya mencontohkan gaji tetap per karyawan adalah Rp 750.000 sebulan di tambah bonus 5.000 per mobil yang dicuci. Jika karyawannya ada dua, bonus itu tinggal dibagi dua.  Anda bisa mencari angka kombinasi lain, tergantung hasil jalan jalan anda saat mengamati usaha cuci mobil di sekitar anda.


Untuk menghindari konsumen komplain pastikan anda bersikap tegas. Misalnya, anda harus berani memberi sanksi kepada karyawan yang menyebabkan kerusakan mobil konsumen. 1 baret saja sudah bisa viral di era whatsapp dan instagram seperti sekarang. Apalagi bisnis cuci mobil biasanya jangkauannya terbatas satu wilayah saja.


Promosi


Ada beberapa trik promosi yang biasanya digunakan pebisnis car wash ini. Misalnya :

  1. Cuci 10 x gratis 1 x

  2. Memfoto hasil cucian dan mengupload di Instagram

  3. Membuat Spanduk yang menyolok

  4. Free 1x cuci bagi yang mau menempel sticker lokasi cuci mobil

Tips dan Hambatan Usaha Cuci Mobil.


Tahukah anda bahwa hal – hal sederhana bisa sangat berpengaruh untuk kesuksesan bisnis cuci mobil anda.

Misalnya begini :

  • Gunakan lampu penerangan saat menjelang sore atau mendung agar tidak ada kotoran yang terlewat. Sayang kan kalau pelanggan kecewa hanya karena karyawan kita kelewatan melap sedikit bagian body mobil di saat gelap.

  • 10 x cuci Gratis 1 x. Ya, kalau sudah mencuci 7 kali pasti pelanggan kita semangat sekali menambah 3 supaya jadi 10.

3 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page