top of page
Search
  • Wisdom Mall

Kerajinan Lilin Hias

Bahan untuk Membuat Kerajinan Lilin Hias

  • lilin serut atau serbuk

  • sumbu lilin besar

  • 1 botol minyak wangi

  • spatula

  • wadah tahan panas

  • 2 panci untuk merebus (1 besar, 1 lebih kecil)

  • termometer

  • sepasang sumpit atau pensil

Cara Membuat Kerajinan Lilin Hias


Langkah 1: Ukur jumlah lilin Sebelum memulai proses pembuatan lilin hias, siapkan area kerja yang rata dan bersih, baik dari kotoran maupun benda benda yang tidak diperlukan. Kamu juga dapat melindungi area tersebut dengan koran atau handuk kertas. Pindahkan segala sesuatu yang sekiranya menghambat proses kerjamu.

Ukur berapa banyak lilin yang diperlukan untuk mengisi wadah yang telah disiapkan, lalu gandakan sesuai jumlah cetakan. Sebanyak itulah lilin yang perlu kamu cairkan.


Langkah 2: Lelehkan lilin

Tuang lilin ke dalam panci kecil yang kemudian ditumpuk diatas panci besar yang berisi air (seperti melelehkan coklat).

Biarkan meleleh selama 10 hingga 15 menit, aduk terus.


Langkah 3: Tambahkan minyak wangi

Saat lilin lilin mulai meleleh, saatnya menambahkan minyak wangi.Cukup tuangkan beberapa tetes minyak wangi ke dalam lilin yang telah meleleh dan aduk selama beberapa detik. Meskipun langkah ini opsional, namun sangat disarankan, agar didapat aroma lilin yang wangi sehingga menambah nilai guna lilin.


Langkah 4: Pasang sumbu

Sumbu harus melekat pada bagian bawah wadah atau cetakan sebelum kamu menuangkan lilin. Kamu dapat memasang sumbu dengan mencelupkannya ke dalam lilin yang meleleh kemudian dengan cepat menempelkannya ke bagian bawah wadah. Biarkan lilin selama 5 menit agar mengeras. Atau, kamu juga bisa mengelemnya.


Langkah 5: Tuang lilin ke dalam cetakan

Sebelum kamu menuangkan lilin ke dalam wadah, biarkan dingin selama beberapa menit. Ketika suhu pada termometer berbunyi 140 derajat, saatnya untuk menuangkannya.

Kemudian, perlahan-lahan tuangkan lilin ke dalam wadah. Pegang sumbu di tempatnya, tetapi jangan menariknya. Sisakan sedikit lilin di panci untuk mengisi lilin bagian atas nanti.


Langkah 6: Amankan sumbu

Agar sumbu tidak bergoyang di lilin yang masih semi padat, kamu harus mengamankan sumbu di tempatnya. Letakkan dua sumpit di bagian atas wadah. Tempelkan sumbu di antara keduanya sehingga tetap terpusat saat lilin mengeras.

Biarkan lilin diatur selama 4 jam pada suhu kamar.


Langkah 7: Tambahkan lebih banyak lilin

Setelah mengeras, lilin akan menyusut dan ada bagian atas yang tidak sedap dipandang. Untuk mengatasinya, cukup panaskan kembali dan tambahkan sisa lilin yang ada. Biarkan mengeras kembali.


Langkah 8: Potong sumbu

Sumbu lilin harus kurang dari setengah inci panjangnya. Jadi, ketika dinyalakan, lilin tidak akan berkedip-kedip atau memiliki nyala api yang yang terlalu tinggi.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat kerajinan lilin hias beraroma. Kini saatnya praktik dan mencoba minyak yang beragam aromanya.

Atau jika kamu belum puas dengan kerajinan lilin yang biasa, teruskanlah membaca karena berikut ini ada beberapa variasi kerajinan lilin istimewa yang bisa kamu coba.


Variasi Kerajinan Lilin Kreatif


Opsi 1: Lilin bunga

Dengan kuas dan beberapa lilin cair, tempelkan kelopak bunga kering dari buket favorit kamu ke sisi wadah atau cetakan. Lakukan ini sebelum kamu menuangkan lilin ke dalam wadah di langkah lima. Untuk kerajinan lilin yang lebih berwarna, campur kelopak dan daun dari berbagai jenis bunga. Kamu juga bisa menambahkan minyak wangi yang cocok dengan kelopak bunga yang kamu gunakan agar tampak serasi.


Opsi 2: Lilin warna-warni

Siapkan krayon warna-warni, lalu cincang dan masukkan ke dalam lilin mencair pada langkah kedua. Kamu membutuhkan 12 hingga 15 krayon untuk setiap lilin. Pilihlah krayon dalam kelompok warna yang sama untuk menciptakan rona warna yang cantik!


Opsi 3: Lilin Kejutan

Pertama, temukan benda kecil yang tidak mahal (seperti mainan, cincin, atau kalung kecil) dan letakkan dalam wadah sebelum kamu menuangkan lilin di langkah lima. Tuang lilin di atasnya untuk mengubur harta karun tersebut. Jika kamu ingin bisa melihat harta karun di dalam lilin, kamu bisa menggunakan lilin gel transparan sebagai gantinya. atau gunakan simbol X untuk menandai titiknya!


Opsi 4: Lilin Karakter

Lilin karakter dibuat dengan cetakan khusus sesuai karakter yang diinginkan. Beberapa karakter yang sering dibuat kerajinan lilin hias adalah:

  • bentuk bunga

  • bentuk kartun

  • bentuk buah

  • bentuk pengantin

  • bentuk telur

Kamu bisa mendapatkan cetakan semacam ini di toko kerajinan. Kamu hanya perlu menuang lilin cair lewat lubang cetakan dan kemudian menunggunya mengeras.

Lilin karakter membutuhkan beberapa warna tambahan dan juga pernak pernik dan properti pendukung karakter (pot, mata, glitet, renda dst).


Opsi 5: Lilin Rempah

Lilin rempah bagus untuk kesehatan karena asap dari pembakarannya mengeluarkan aroma dari minyak atsiri asli. Bahan lilin yang digunakan untuk kerajinan lilin ini adalah lilin gel. Selanjutnya kamu hanya perlu memasukkan rempah atau bahan yang beraroma seperti cengkih, kayu manis, kulit jeruk dst.


Opsi 6: Lilin Ukir

Opsi kerajinan lilin hias yang keenam adalah dengan membuat lilin ukir. Lilin ukir adalah lilin biasa yang dicetak dan setelah mengering baru diukir menggunakan alat semacam pisau berukuran kecil.


Lilin ukir memiliki bentuk yang rumit serta berongga rongga sehingga tidak mungkin dibuat dengan cetakan.


Opsi 7: Lilin Henna

Kerajinan lilin henna menggunakan henna sebagai bahan untuk menggambar permukaan lilin. Sebagai perekat pasta henna, kita membutuhkan jenis lem yang transparan saat mengering. Cat ini diaplikasikan dua kali diatas motif henna saat sudah kering.


Sekarang setelah kamu tahu cara membuat kerajinan dari lilin buatan sendiri, kamu dapat membuat dekorasi lilin untuk rumah, atau bahkan untuk hadiah kecil kepada orang lain.


Jangan lupa untuk mengemas lilin seindah mungkin menggunakan bucket, kantong kain, atau kotak mika.


Manfaat Lain dari Lilin


Selain populer dibuat berbagai macam kerajinan lilin, bahan lilin ternyata mempunyai manfaat atau fungsi lain yang tak banyak orang tak tahu.

Karena kamu sudah terlanjur tertarik dengan bidang perlilinan, ada baiknya kamu juga tahu fungsi dan manfaat benda kedap air ini.


Manfaat Pertama, Lilin sebagai Alternatif Penerangan

Hmm, ini adalah fungsi lilin yang semua orang pasti tahu, jadi tidak perlu dibahas ya.


Manfaat Kedua, Lilin sebagai Bahan Pembuatan Patung

Patung lilin biasa dibuat untuk orang orang penting seperti presiden, artis dan seniman. Salah satu museum patung yang terkenal di dunia adalah Madame Tussaud. Museum ini dibuat oleh Marie Tussaud.


Pembuatan patung lilin orang sangat rumit dan menggunakan banyak teknik. Namun jika kamu ingin membuat patung mini kamu bisa bisa mengikuti tutorial sederhana yang bertebaran di internet.

Manfaat Ketiga, Lilin sebagai Pelumas

Kamu bisa juga memanfatkan lilin untuk menggosok bagian resleting yang macet dan resleting akan kembali normal.


Manfaat Keempat, Lilin sebagai Pelapis Anti Air

Beberapa barang seperti sepatu, kaos dan bahkan hijab dibaut anti air agar tetap dapat diguankan saat hari hujan. Barang barang seperti ini memanfattakan bahan lilin sebagai pelapisnya.


Manfaat Kelima, Lilin sebagai Bahan untuk Membatik

Di Indonesia secara khusus menggunakan lilin sebagai salah satu bahan dalam proses pembuatan kain batik. Lilin ini disebut sebagai malam dan dicairkan terlebih dahulu sebelum digunakan.


Fungsi lilin ini adalah untuk menutup bagian kain yang dibuat tidak berwarna.

Lilin untuk membatik sendiri ada 3 macam:

  1. Lilin tembokan berfungsi untuk nembok.

  2. Lilin klowong berfungsi untuk ngelowong dan isen-isen.

  3. Lilin biron berfungsi untuk mbironi.

Manfaat Keenam, Lilin sebagai Pengharum Ruangan

Ini terkhusus untuk jenis lilin aroma terapi. Lilin aroma terapi merupakan hasil kerajinan lilin dengan menambahkan aroma yang bermacam-macam pada bahan lilin agar saat dibakar aroma ini keluar dan membuat ruangan harus serta penghuninya rileks.


Ada beberapa variasi aroma lilin yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan kamu.

  1. Lilin beraroma anggur bermanfaat untuk mengatasi keluhan akibat demam, flu dan menghilangkan sakit kepala.

  2. Lilin beraroma jeruk bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imun.

  3. Lilin beraroma lavender bermanfaat untuk mengatasi populasi nyamuk di dalam rumah.

  4. Lilin beraroma melati bermanfaat untuk menciptakan suasana hangat dan romantis.

  5. Lilin beraroma kenanga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh atas penyakit serta membangkitkan gelora cinta pada diri seseorang.

Manfaat Ketujuh, Lilin dalam Bidang Kesehatan

Jenis lilin yang digunakan dalam bidang kesehatan berasal dari lilin lebah. Berikut ini beberapa diantara manfaatnya:

  • membuat kosmetik,

  • pengisi lubang pada gigi berlubang.

  • lilin lebah juga bisa digunakan sebagai antiseptik untuk mengobati luka,

  • mengobati penyakit lupus,

  • membersihkan kotoran telinga,

  • dan mengatasi masalah kulit.

Itulah beberapa manfaat lilin, jika ada yang belum disebutkan silahkan tambahkan di kolom komentar.

4 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page