Search
  • Wisdom Mall

Parfum Body

Racikan Parfum Body

Parfum alias minyak wangi mungkin adalah salah satu produk kecantikan yang kamu miliki di meja rias. Produk ini bisa menunjang kepercayaan diri dan menyingkirkan bau badan tak sedap. Hadir dalam berbagai aroma yang memikat hingga bisa disesuaikan dengan kepribadian, menjadikan parfum diminati oleh banyak orang termasuk kaum pria.

Namun, kamu juga perlu berhati-hati karena tidak semua parfum ternyata aman digunakan. Banyak produk parfum tak berkualitas yang dibuat dari bahan berbahaya seperti bahan kimia yang berlebihan. Alih-alih wangi dan membuat rileks, memilih parfum yang salah malah bisa menyebabkan berbagai penyakit mulai dari kulit yang kering hingga sakit kepala.

Parfum berkualitas cenderung berharga tinggi karena berbahan apik natural yang lebih aman. Namun, tak perlu cemas karena ternyata parfum atau wewangian ini bisa kamu buat dan racik sendiri.


Kandungan Parfum yang Biasa Digunakan

Tentunya sebelum memutuskan untuk meracik sendiri parfum, kamu harus tahu bahan apa saja yang biasanya ada dalam kandungan minyak wangi. Berikut beberapa bahan yang biasa dijumpai dalam minyak wangi.

Mawar Bulgaria

Bunga mawar adalah salah satu bunga yang difavoritkan banyak wanita. Memiliki wangi lebih lembut dari melati, tampilan bunga mawar yang indah menjadikan bunga ini kerap dipilih sebagai hadiah. Tak hanya itu, bunga mawar dengan kecantikannya juga membuat para perfumer memilih kembang ini sebagai bahan baku parfum. Bulgaria adalah salah satu negara yang mendukung produksi minyak mawar terbesar di dunia. Maka tak mengherankan jika kamu bisa menjumpai banyak perkebunan mawar yang cantik dengan aroma paling diminati di pasaran. Mawar bulgaria ini termasuk mahal karena prosesnya yang tak mudah. Dimulai dari pemetikan menjelang fajar secara manual dengan dipetik satu per satu, masa panen mawar ini juga terbilang singkat dalam waktu hanya beberapa minggu saja. Selain itu, untuk memperoleh aroma mawar yang kuat dan asli, diperlukan setidaknya 4.500 kilogram untuk mendapat 500 gram minyak esensial mawar bulgaria. Harga jual seperdelapan ons minyak esensial dari mawar bulgaria ini mencapai sekitar US$ 180 atau sekitar Rp 2.500.000. Fantastis, bukan? Melati

Bunga jenis ini memiliki aroma khas dan sedikit menyengat dari mawar. Jadi salah satu favorit para penikmat minyak esensial, bunga melati juga termasuk salah satu bahan baku parfum berharga tinggi. Aromanya yang rapuh membuat bunga melati hanya bisa dipetik pada malam hari agar wanginya bisa tetap bertahan. Proses selanjutnya pun harus disegerakan agar kualitas aromanya tetap terjaga. Bunga melati memiliki setidaknya 300 spesies dengan beberapa jenis yang bisa dikomersialkan seperti Jasminum sambac, Jasminum grandiflorum, dan J. offcinale. Untuk bisa mendapatkan aroma sensual nan eksotik ini, setidaknya dibutuhkan sekitar 7,5 juta bunga melati yang diproduksi menjadi satu kilogram minyak esensial parfum melati. Tak heran jika harga parfum dengan aroma ini cenderung mahal. Orris

Orris berasal dari umbi bunga iris yang dipanen setelah umbi tersebut berusia dua hingga lima tahun. Waktu panen yang lama dan jumlah umbi bunga yang diperlukan tidak sedikit ini menjadikan parfum berkomposisi orris berharga mahal. Musk

Kamu mungkin sering melihat komposisi ini dalam parfum-parfum ternama nan mahal. Musk berasal dari beberapa jenis baik hewani mau pun nabati dan kerap digunakan sebagai bahan minyak wangi. Ada beberapa jenis yang kerap digunakan dalam industri parfum termasuk Musk Civet alias kesturi serta Castoreum Musk yang berasal dari sekresi aroma hasil produksi kelenjar perut rusa jantan tanpa tanduk. Oud

Jarang mendengar komposisi yang satu ini? Berasal dari gaharu atau kayu gaharu yang memiliki aroma khas. Kayunya sendiri sangat sulit untuk disuling dan tidak semua orang bisa menghasilkan sulingan yang baik. Proses penyulingan gaharu yang rumit ini adalah salah satu faktor yang menjadikan parfum beraroma oud menjadi mahal. Gaharu yang dipilih untuk menjadi parfum juga tidak asal ditebang. Pertimbangan usia pohon menentukan kualitas parfum yang akan dibuat dengan komposisi kayu tersebut. Selain itu, dibutuhkan banyak kayu gaharu untuk bisa menghasilkan minyak dalam jumlah yang diinginkan sementara hasilnya sangat sedikit. Maka, jangan heran jika parfum beraroma ini memiliki harga yang tinggi. Ambergris

Mungkin kamu akan sedikit jijik dengan bahan yang satu ini karena ambergris berasal dari muntahan ikan paus. Meski muntahan, ambergris umumnya berbentuk bongkahan dengan kandungan zat lilin yang bisa membuat aroma minyak wangi lebih tahan lama. Untuk bisa membuat ambergris dibuat menjadi bahan baku minyak wangi, setidaknya harus menunggu hingga bahan tersebut berusia enam bulan. Karena jika kurang dari kurun waktu tersebut aromanya cenderung tidak sedap. Selain untuk bahan baku minyak wangi, ambergris pada masa silam juga digunakan sebagai bahan pengobatan.

7 Komposisi Bahan untuk Membuat Parfum


Sudah menentukan aroma yang kamu inginkan? Kini kamu harus mengetahui komposisI bahan yang diperlukan untuk membuat parfum.

Bibit Minyak Wangi

Bahan ini adalah esensi penting bagi kamu yang ingin membuat minyak wangi. Disebut bibit karena masih asli dan belum tercampur dengan alkohol serta punya aroma menyengat yang harus diolah lagi untuk bisa digunakan. Kamu juga tidak bisa menggunakan bibit minyak wangi yang belum dicampur karena dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Jika tidak dicampur dengan pelarut, aroma dari bibit minyak wangi juga sulit menyebar sehingga kamu sulit mendapat wewangian yang maksimal.

Alcohol 96% Deodorized

Alkohol digunakan dalam industri minyak wangi untuk membantu aroma parfum tersebar maksimal. Alkohol yang berasal dari etanol ini sebaiknya digunakan dengan bijak dan hati-hati karena berbahaya bagi kesehatan. Sebelum memakainya dalam campuran minyak wangi, sebaiknya kamu memilih alkohol yang sudah dihilangkan baunya agar aroma parfum tidak dipengaruhi oleh bau alkohol. Aquadest

Aquadest alias aqua Ddstilata merupakan air yang telah melalui proses penyulingan dan nyaris tanpa kandungan mineral. Air jenis ini digunakan agar mudah menyerap atau melarutkan berbagai jenis partikel yang dilarutkan dengan mudah.

Bahan Pelembab

Bahan ini disebut pula dengan MPG alias Mono Propylene Glycol yang kerap digunakan untuk pembuatan body spray. Berfungsi sebagai pelembap agar kulit tidak mudah kering akibat pengaruh alkohol yang menjadi kandungan dalam parfum.

Solubilizer

Bahan satu ini sering digunakan dalam produk perawatan rambut, losion hingga parfum. Fungsinya untuk memecah minyak dan membuat komponen tersebut larut bersama air dan terlihat jernih.

Long Lasting Agent

Saat memilih parfum, tentu kamu ingin minyak wangi dengan aroma yang tahan lama. Bagaimana bisa mendapat elemen ini jika membuat parfum sendiri? Kamu bisa membeli Pearl Fix yang berfungsi sebagai long lasting agent untuk memperpanjang keawetan dari wewangian yang digunakan. Kamu dianjurkan membeli komponen ini jika ingin aroma parfum lebih tahan lama tapi pilihlah bahan berlabel Cosmetic/Pharmaceutical Grade yang aman bagi kulit.

Fixative

Aroma parfum tidak muncul dengan mudah. Pada parfum, ada beberapa komponen yang harus mengikat aroma minyak wangi hingga tidak mudah menguap dan lebih tahan lama. Salah satu komponennya adalah fixative yang kerap dijadikan end note pada parfum.

Cara Membuat Parfum


Setelah membahas bahan-bahan yang diperlukan, kini kamu bisa membuat parfum dengan cara berikut ini.

Parfum Aroma Bunga

Minyak wangi dengan aroma ini cocok bagi kamu yang ingin memberi kesan feminin dan manis. Wangi segarnya juga bisa kamu gunakan sehari-hari. Kamu bisa membuat parfum beraroma bunga dengan mudah seperti dalam langkah berikut ini.

Bahan-Bahan

  • 5 kelopak bunga mawar.

  • Air yang telah disuling sejumlah 2 gelas atau sekitar 250 mililiter.

Alat yang Dibutuhkan

  • Mangkuk kaca.

  • Botol parfum.

  • Panci alumunium.

Langkah Membuat

  • Bersihkan bunga mawar terlebih dahulu kemudian cincang-cincang sedikit.

  • Masukkan bunga dan air sulingan dalam mangkuk kaca, tutup dengan kain yang tipis.

  • Diamkan campuran tersebut selama satu malam.

  • Kemudian, tuang campuran air dan mawar ke panci. Rebus dengan api kecil hingga mendidih.

  • Setelah mendidih, saring air parfum dan masukkan ke botol parfum.

Parfum Ramuan Berbagai Wewangian

Ingin aroma yang lebih kompleks dan unik? Kamu bisa menggunakan beberapa minyak esensial yang dipakai bersamaan. Mudah dibuat dengan langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan

  • 1 sendok teh ekstrak vanili tanpa gula.

  • 3 tetes cedarwood.

  • 4 tetes vetiver.

  • 5 tetes neroli.

  • 3 tetes jeruk liar.

  • 8 tetes geranium.

  • 5 tetes bergamot.

  • 3 tetes kamomil biru.

  • 10 tetes lavender.

  • 6 tetes mawar.

  • 4 tetes sandalwood.

  • 8 tetes kemenyan.

  • 3 tetes ylang-ylang.

Cara Membuat

  • Masukkan ekstrak vanili, cedarwood, vetiver, sandalwood, kemenyan, dan ylang-ylang. Aduk rata.

  • Tambahkan dengan lavender, kamomil biru, geranium, dan lavender.

  • Campur dengan bergamot, neroli, dan jeruk liar.

  • Masukkan dalam wadah tertutup dan diamkan selama kurang lebih satu bulan.

Parfum Aroma Sabun

Parfum ini beraroma segar dan natural. Kamu bisa tampil percaya diri dengan aroma yang tidak menyengat. Cocok bagi kamu yang tidak suka dengan wewangian beraroma tajam. Kamu cukup menyediakan sabun cair secukupnya dan botol parfum. Kemudian, masukkan sekitar ¾ air ke dalam botol semprot dan tambahkan sabun cair dengan perbandingan 1 sendok sabun dengan 4 ons air. Tutup botol tersebut dan kocok perlahan sebelum digunakan.


Parfum Aroma Vanilla Mint

Ingin wewangian yang sensual? Kamu bisa coba parfum beraroma vanila. Wangi manis dan hangat ini juga bisa membuat rileks dan kamu bisa membuatnya sendiri dengan cara yang sangat mudah. Cukup sediakan campuran 1/8 sendok teh vanila dengan 1 sendok air. Aduk terus sambil menambahkan daun mint. Aduk sekitar 5 menit dan 30 detik lalu diamkan selama kurang lebih satu jam. Buang daun mint lalu pindahkan larutan ke botol parfum.

Parfum Nonalkohol

Parfum jenis ini cocok bagi kamu yang punya kulit sangat kering dan ingin minyak wangi natural. Parfum non alkohol juga jadi pilihan banyak muslimah yang ingin tampil segar tanpa wangi menusuk.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

  • Kulit buah, bisa gunakan kulit jeruk, grapefruit, nanas atau lemon dll.

  • ½ Gelas air.

  • Panci untuk merebus.

  • Pisau.

  • Wadah.

  • Kain tipis.

Cara Membuat

  • Ambil kulit jeruk (atau kulit buah sitrus pilihan kamu) dan cincang dnegan pisau.

  • Panaskan panci dan masukkan air. Tunggu hingga suhunya menghangat dan masukkan kulit jeruk yang sudah dicincang.

  • Aduk selama kurang lebih 1,5 menit hingga aromanya tercium lalu matikan api.

  • Angkat kulit jeruk dan ambil wadah beserta kain. Letakkan kulit jeruk pada kain dan peras ke dalam wadah. Jika perasan kurang, kamu bisa mengambil air sisa kulit jeruk dari panci dan campur dengan air hasil perasan. Sedikit saja karena jika terlalu banyak bisa menghilangkan bau.

  • Masukkan perasan ke dalam botol spray dan parfum beraroma citrus bisa kamu gunakan.


4 views

© 2023 by http://tr.im/aplikasi. Proudly created with in1mall.ml

Total Visitors

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now