top of page
Search
  • Wisdom Mall

Peluang Usaha Membuat Kerajinan dari Kayu yang Unik, Kreatif

Banyak kekayaan sumber alam di Indonesia, yang berpeluang besar untuk dimanfaatkan hasilnya. Sumber alam yang dihasilkan dari alam Indonesia, berupa bahan alami. Bahan alami ini terbagi menjadi 2 yaitu jenis yaitu, bahan lunak dan bahan keras.

Bahan keras memang selain memiliki tekstur yang keras, bahan ini juga mempunyai tekstur yang kuar dan awet. Sehingga bahan ini cocok digunakan sebagai kebutuhan manusia, semisal perabotan rumah tangga. Salah satu kerajinan bahan keras yang sering digunakan yaitu adalah, kerajinan dari kayu.


Pengertian Kerajinan dari Kayu

Kerajinan dari kayu adalah suatu kerajinan jenis bahan keras, yang terbuat dari bahan kayu. Keterampilan ini pada umumnya dibuat oleh para pengrajin dengan berbagai macam manfaat dan bentuknya. Kerajinan ini menjadi salah satu kerajinan yang banyak diminati di kalangan masyarakat.

Kayu menjadi salah satu bahan dasar kerajinan tangan yang mempunyai karakteristik, berat, dan ketebalan serta serat yang dihasilkan berbeda- beda. Sehingga dalam pembuatan kerajinan tangan ini, Kamu wajib melakukan pemilihan pada jenis kayu, agar lebih mudah membentuk kayunya saat proses pembuatannya.

Pada umumnya saat membuat kerajinan dari kayu, bisa dengan banyak menggunakan beberapa teknik seperti:

  • Teknik ukir

  • Teknik lem tembak

  • Teknik mengecat kayu dengan pernis

Jenis-Jenis Kayu yang Bisa diolah Menjadi Bahan Kerajinan

Dalam memilih jenis kayu, yang akan dijadikan sebagai bahan kerajinan kita perlu ketelitian dan pengetahuan tentang kelebihan dari jenis kayu tersebut. Dalam pembuatan kerajinan kayu, kalian memperlukan memilih jenis kayu yang:

  • Kering

  • Kuat

  • Tahan dari rayap dan jamur

  • Agar awet, pilihlah kayu yang sudah dioven terlebih dahulu

  • Kayu yang ramah dengan lingkungan

Jenis-jenis kayu yang memiliki ciri tekstur seperti di atas adalah:

  • Kayu Jati

  • Sonokeling

  • Kayu akasia

  • Kayu Trembesi

  • Kayu Mahoni

Itulah beberapa jenis kayu yang bisa kalian pilih, untuk dijadikan sebagai bahan baku dari kerajinan kayu. Dengan memilih jenis kayu di atas, produk kerajinan kalian akan bernilai berkualitas dan terjamin kenyamanannya.


Contoh Kerajinan Kayu dan Cara Membuatnya

Kayu bisa kalian buat menjadi berbagai jenis kerajinan. Karena kayu memiliki tekstur yang keras, sehingga membutuhkan kekuatan yang sedikit ekstra saat membuatnya. Dalam proses pembuatannya kalian juga bisa menggunakan alat manual maupun alat mesin kayu.


1. Hiasan Dinding dari Kayu

Dinding di rumah kalian akan terlihat lebih cantik, bila diberi dengan hiasan dari kayu. Hiasan dinding dari kayu ini bisa kalian buat sendiri di rumah. Dengan menggunakan bahan:

  • Kayu

  • Paku

  • Cat kayu pilihlah sesuai warna yang kalian inginkan

  • Alat pemotong kayu

  • Alat pengukur

  • Alat kerajinan

  • Pensil

Untuk cara membuat kalian bisa memulai dari:

  1.  Ukurlah kayu sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan

  2. Setelah mengukurnya, gambarlah polanya dengan menggunakan pensil

  3. Setelah selesai gambar polanya, potonglah kayu dengan menggunakan alat manual seperti gergaji, bisa juga dengan menggunakan mesin pemotong kayu

  4. Setelah kayu sudah menjadi potongan, satukan kayu dengan kayu lainnya menggunakan paku

  5. Ketika sudah disatukan, bisa kalian beri cat kayu sesuai warna yang kalian sukai

  6. Jemur kerajinan ini sampai kering

  7. Jika sudah kering, kamu bisa memasangnya di dinding dengan menggunakan paku

2. Tas Wanita dari Kayu

Agar style kalian makin hitz dan kece. Kalian perlu nyobain nih kerajinan tas dari kayu. Walaupun kayu memiliki tekstur yang keras, tetapi kayu bisa dibuat menjadi tas wanita yang cantik. Tas dari bahan kayu memiliki kelebihan daripada bahan tas lainnya. Kelebihannya yaitu:

  • Bahannya yang keras akan membuatnya tahan lama dan kuat

  • Walaupun bahannya keras, tetapi tetap ringan saat dijadikan produk tas

  • Memiliki penampilan yang berbeda

  • Bisa tahan dari air

  • Tahan dari serangan jamur maupun serangga

Untuk cara membuat kalian bisa menggunakan teknik lem kayu. Namun jika kalian belum memiliki bahan dan alat untuk membuatnya, kalian bisa saja langsung membelinya di toko souvenir. Atau kalian bisa juga memesannya di para pengrajin kayu.


3. Tempat Peralatan Tulis

Jika peralatan tulis kalian pada berhamburan kemana-mana. Kalian bisa membuat tempat pensil, dari kerajinan kayu. Dengan menggunakan bahan kayu yang keras dan kuat, kerajinan ini akan tahan lama. Bermodal bahan yang ramah lingkungan dan hasil dari alam, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah.


Untuk cara membuat kalian bisa menggunakan teknik tempel dengan menggunakan lem kayu atau lem tembak. Agar hasilnya tidak polosan, kalian bisa memvariasikannya dengan memberikan gambaran atau motif sesuai dengan selera kalian.


4. Aksesoris Kalung dari Kayu

Bahan dari kayu bisa diubah menjadi aksesoris kalung yang cantik. Kayu tidak hanya bisa digunakan sebagai kerajinan kotak tisu, tempat peralatan tulis dan lainnya. Tetapi bahan kayu bisa digunakan untuk membuat perhiasan maupun aksesoris, salah satu contohnya yaitu aksesoris kalung.


Untuk cara membuat kalian bisa menggunakan teknik amplas. Hal ini dilakukan agar kayu yang sudah dibentuk dengan ukuran dan motif yang kalian mau, lalu di amplas sampai permukaan tipis agar mendapatkan hasil yang halus. Sehingga ketika kalung kayu ini kalian pakai, tidak akan terjadi iritasi pada kulit kalian.


5. Casing HP dari Kayu

Handphone sekarang sudah seperti menjadi barang wajib yang harus kalian punyai. Teknologi yang sudah canggih tidak mengalahkan dengan kreativitas para pengrajin, yang semakin meningkat. Para pengrajin kreatif kini membuat casing handphone dari bahan kayu.


Bahan kayu yang kuat, akan memberikan ketahanan banting pada HP kalian. Dengan teksturnya yang keras, tidak akan membuat HP kalian terasa berat saat menggunakan casing ini. Kini casing dari kayu ini, memiliki berbagai jenis motif dan warna yang bisa kalian pilih.


Untuk cara membuat kalian bisa menggunakan teknik ukir. Dalam pembuatan kerajinan ini memerlukan ketelitian dan keahlian khusus dalam mengukir. Jika kalian tidak mau repot-repot membuatnya. Kalian bisa membelinya di toko souvenir kerajinan kayu.


6. Mainan dari Kayu

Kini kerajinan dari kayu hadir sebagai produk mainan yang aman untuk generasi anak-anak. Buat kalian yang sudah memiliki anak, kalian bisa membuat atau membelikan produk kerajinan kayu yang lucu-lucu ini. Tidak perlu khawatir dengan bahan kayu yang keras.


Karena dalam pembuatan bahan mainan, kayu yang digunakan tidak bertekstur keras dan berat. Melainkan kayu yang digunakan telah dipilih sesuai dengan produk apa yang akan dibuatnya. Jadi kalian tidak perlu khawatir untuk membelikan anak kalian mainan dari kayu ini, karena sudah bisa dijamin aman dan berkualitas.


7. Miniatur Vespa dari Kayu

Buat kalian yang menyukai dunia seni pada miniatur. Bahan dari kayu sangat cocok juga, untuk dijadikan sebagai kerajinan miniatur salah satu contohnya yaitu miniatur unik motor vespa ini. Dengan memakai bahan kayu, hasil kerajinannya juga akan terlihat berbeda dan lebih menarik.


Dalam pembuatan kerajinan ini, bisa kalian menggunakan teknik lem serta menggunakan paku dan teknik ukir. Membuat kerajinan ini membutuhkan keahlian khusus, karena membutuhkan ketelitian saat mengukir dan mengukur bentuk yang diinginkan. Kerajinan ini bisa untuk dijadikan peluang usaha buat kalian.

1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page