top of page
Search
  • Wisdom Mall

Sandal Spon Jepit

Teknik standar dengan menggunakan 2 lapis spon, spon lapisan bawah (outsol) dengan ketebalan 13 milli dan spon lapisan atas dengan ketebalan 1 milli (corak warna). Namun bila anda ingin meringankan biaya produksi dengan tidak menggunakan lem, anda dapat menggunakan spon dengan ketebalan 14 milli sekaligus, dengan memakai teknik sablon sebagai pengganti motif pada permukaan atas sandal.

Ada beberapa bahan dasar serta mesin (peralatan) manual yang akan digunakan pada pembuatan sandal spon jepit eva di bawah, antara lain:

Bahan Dasar: Spon Eva

Tali Jepit

Pisau Pon

Lem

Matres Logo/Label


Mesin/Peralatan:

Mesin Pon

Mesin Gerinda

Mesin Press Spon

Mesin Pelubang Spon

Putaran/Jepitan emboss


Cara Membuat:

  1. Siapkan beberapa lembar (tergantung jumlah atau quantity yang ingin dibuat) spon eva untuk dicetak sesuai ukuran dan motif. Misalnya anda ingin membuat sandal jepit dengan ketebalan 14 mili, jadi anda harus menyiapkan 2 lembar spon dengan ketebalan yang berbeda: - Spon dengan ketebalan 13 mili untuk badan sandal (pastikan spon bagian bawah berbahan lebih kuat dan makin tebal di bagian ujungnya atau biasa disebut outsol). - Spon dengan ketebalan 1 mili untuk atas atau permukaan sandal (motif permukaan sandal bisa menggunakan spon corak warna ataupun dengan bahan pvc yang sudah di emboss dengan motif yang diinginkan).

  2. Setelah spon dengan ketebalan berbeda telah dicetak sesuai ukuran dan motif melalui mesin pon, kemudian satukan hasil potongan kedua spon tersebut dengan lem.

  3. Kemudian press spon yang telah dilem tadi dengan mesin press agar hasil rekat lem lebih maksimal.

  4. Haluskan outline atau bagian sisi sandal dengan bantuan mesin gerinda.

  5. Lubangi sandal dengan cara manual atau dengan mesin pelubang untuk tempat memasang tali jepit.

  6. Persiapkan tali jepit untuk dipasang pada sandal, anda bisa memberikan logo pada tali jepit secara manual seperti pada video tutorial di bawah.

  7. Pasang tali jepit dengan teknik tarik dengan kawat yang didesain sedemikian rupa pada tiang kayu.

  8. Sandal siap dipasarkan.


2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page