top of page
Search
  • Wisdom Mall

Sate Cumi

Sate adalah makanan yang terbuat dari daging yang dibakar. Dalam proses pembakaran agar lebih mudah biasanya sate dibakar dengan menggunakan tusuk sate. Daging yang bisa dijadikan sate juga sangat bermacam-macam sekali diantaranya daging ayam, daging kambing, daging sapi, daging kelinci dan masih banyak lagi. Untuk bahan tambahan yang membuat sate semakin enak yaitu bahan tambahan kacang dan kecap. Sate merupakan makanan yang berasal dari Indonesia namun makanan sate sudah terkenal dimana-mana bahkan hingga ke manca negara. Sate sebagai makanan yang selalu ada di daftar menu makanan seperti di restoran atau pun di resto makanan. Bahkan sate menjadi menu andalan pada setiap tempat usaha makanan. Tak hanya di restoran dan resto saja namun sate juga banyak didapatkan di pinggir jalan. Dengan banyaknya orang yang menjalankan sate ini juga bisa dijadikan peluang usaha khususnya dalam pembuatan tusuk sate yang digunakan agar memudahkan proses pembakaran. Jika tidak menggunakan tusuk sate pasti proses pembakaran akan sangat sulit dilakukan. Usaha makanan sate memang sangat mudah karena proses pembuatan atau proses memasakanya tidak perlu lama. Modal yang digunakan untuk menjalankan usaha sate juga tidak terlalu besar karena hanya digunakan untuk membeli daging, kacang, kecap, bawang merah dan cabe. Pada saat ini olahan sate tidak hanya dibuat dengan menggunakan bahan baku dari daging saja melainkan bisa dibuat dengan menggunakan bahan baku cumi-cumi.


Cumi-cumi merupakan hewan laut yang tidak bisa berjalan maju sehingga tidak sama dengan hewan laut pada umunya. Selain itu keunikan yang dimiliki cumi-cumi yaitu mempunyai kaki yang terletak dibagaian kepala. Untuk melindungi diri cumi-cumi mempunyai senjata andalan dan tidak dimiliki oleh hewan laut pada umunya. Tinta hitam merupakan senjata yang dimiliki dan akan dikeluarkan jika cumi-cumi sudah mulai terganggu. Warna tintanya hitam pekat, jika dikeluarkan akan menghitamkan air di sekitarnya, sehingga predatornya tidak dapat melihat dalam sekejap, dan cumi-cumi itu bisa menyelamatkan diri. Namun terkadang justru semprotan tinta hitamnya, yang mendatang bencana bagi mereka sendiri. Ketika ada kapal nelayan yang mendekati mereka, cumi-cumi merasa terancam dan langsung menyemprotkan tinta hitamnya, sehingga keruhnya air yang tadinya bening itu, akan memberikan tanda bagi nelayan, bahwa sekitar tempat itu terdapat banyak cumi-cumi. Nelayan dengan cepatnya dapat menebarkan jalanya, menangkap cumi-cumi yang selalu hidup berkelompok. Sayangnya cumi-cumi tidak paham kapan harusnya menyemprotkan tinta hitamnya, cumi-cumi salah mempergunakan strategi. Adalah tepat cumi-cumi mengeluarkan tintanya saat jadi incaran predatornya, namun adalah salah saat menyemprotkan tinta dikala tertentu.


Cumi-cumi sebagai salah satu hewan laut yang bisa diolah untuk dijadikan hidangan yang sangat menyehatkan. Olahan hidangan laut memang banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat secara luas seperti salah satunya sate cumi-cumi. Sate cumi mempunyai cita rasa yang sangat nikmat. Belum banyak kalangan masyarakat yang menjalankan usaha sate cumi sehingga bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha sate cumi bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Proses pembuatan sate cumi sangat mudah dan bagi Anda yang bisa membuat olahan sate cumi bisa mencoba membuatnya di rumah.


Bagi Anda yang sudah bisa membuat olahan sate cumi bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Untuk mengembangkan peluang usaha sate cumi agar mudah dikenali oleh berbagai kalangan masyarakat dengan cepat maka diperlukan beberapa strategi seperti berikut ini.


Peluang Usaha Sate Cumi

Peluang menjalankan usaha makanan dengan menyajikan menu sate cumi memang sangat menguntungkan sekali untuk dijalani. Menu sate cumi juga bisa menjadi pilihan salah satu menu yang disajikan dalam menjalankan usaha makanan. Peluang yang menjanjikan bisa dilihat dari banyak masyarakat yang menyukai olahan sate cumi. Peminat konsumen yang semakin lama semakin banyak menjadikan usaha sate cumi sebagai salah satu peluang bisnis yang harus Anda lakukan.


Prospek Usaha Sate Cumi

Jika kita melihat prosesk dalam menjalankan usaha sate cumi memang sangat cemerlang jika dibandingkan dengan usaha makanan lainnya. Usaha makanan yang menyajikan menu sate cumi juga sangat cocok jika dikembangkan di wilayah Indonesia. Sehingga bagi Anda yang masih bingung untuk menjalankan usaha maka Anda bisa melihat prospek yang sangat bagus dari usaha sate cumi.


Memulai Usaha Sate Cumi

Untuk memulai menjalankan usaha sate cumi terbilang sangat mudah kerena penggunaan bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan sate cumi sangat mudah didapatkan. Selain mudah didapatkan bahan yang digunakan juga bisa diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau diberbagai pasar tradisional. Penggunaan modal usaha yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang menjanjikan maka maka Anda bisa menjalankan usaha sate cumi.


Pelaku Usaha Sate Cumi

Pelaku usaha sate cumi bisa dilakukan oleh semua kalangan masyarakat yang ingin menjalankannya. Dalam memasarkan olahan sate cumi juga sangat mudah karena hanya dengan membuka warung pastinya masyarakat akan mengerti jika warung tersebut telah menyediakan sate cumi. Bagi Anda yang sudah mempunyai pekerjaan juga bisa menjalankan usaha sate cumi sebagai usaha sampingan yang sangat menguntungkan.


Lokasi Strategis Dalam Berjualan Sate Cumi

Lokasi penjualan makanan memang harus diperhatikan karena pemilihan lokasi yang tepat akan menunjang kelancaran usaha makanan yang dijalankan. Jika menjalankan usaha makanan maka pilihlah lokasi yang ramai atau yang sering dikunjungi oleh masyarakat seperti di lokasi tempat wisata, lokasi dekat kampus, lokasi di pinggir jalan dan masih banyak lagi.


Strategi Promosi Usaha Sate Cumi

Untuk memasarkan olahan sate cumi maka bisa dilakukan dengan memasang spanduk agar mudah dikenali masyarakat. Selain itu Anda juga bisa memasarkannya melalui promosi. Sebenarnya proses pemasaran olahan sate cumi sangat banyak sehingga Anda bisa memilih sendiri cara yang Anda anggap paling tepat untuk dilakukan.


Keuntungan Menjalankan Usaha Sate Cumi

Keuntungan yang bisa diperoleh dalam menjalankan usaha sate cumi sangat menjanjikan sekali dan pastinya Anda ingin menjalankannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Keuntungan yang besar dari usaha udang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengembangkan usaha sate cumi. Semoga saja keuntungan yang bisa diperoleh dengan menjalankan usaha makanan sate cumi bisa bermanfaat untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Dalam menjalankan usaha sate cumi tentunya sudah bisa berjalan lancar karena dengan adanya beberapa strategi yang disediakan jika dilakukan dalam usaha pastinya akan berjalan dengan lancar. Setelah mengetahui beberapa strategi dalam menjalankan usaha sate cumi Anda juga harus mengetahui resep pembuatan sate cumi agar bisa dilakukan dengan mudah. Resep yang bisa Anda lakukan untuk dibuat di rumah seperti yang ada dibawah ini.


Resep Sate Cumi

Bahan:

  • Cumi besar 700 gram

  • Kecap manis 2 sendok makan

  • Minyak untuk menumis 3 sendok makan

  • Tusuk sate

  • Dau jeruk 5 lembar

  • Daun salam 2 lembar

Bumbu yang dihaluskan:

  • Rawit merah 5 cabai

  • Cabai merah 6 buah

  • Tomat 1 buah

  • Merica bubuk 1/4 sendok teh

  • Garam secukupnya

  • Bawang putih 4 siung

  • Bawang merah 5 butir

Cara membuat sate cumi:

  • Pertama potonglah cumi bulat ukuran 2 cm, cuci kembali sampai bersih.

  • Tumis bumbu halus hingga beraroma harum.

  • Tambahkan daun jeruk dab daun salam. Aduk rata.

  • Kemudian masukkan cumi dan aduk rata.

  • Tambahkan kecap manis, lalu masak sampai bumbu meresap dan agak kering. Angkat

  • Terakhir tusuk cumi dengan tusukan sate masing-masing 5 potong cumi.

  • Panggang sebentar.

  • Sajikan dengan nasi hangat.

  • Sate cumi siap untuk dinikmati.

Setelah mengetahui resep pembuatan sate cumi yang sangat mudah untuk dilakukan pastinya Anda ingin mengembangkannya untuk dijadikan sebagai peluang usaha makanan. Dengan adanya resep sate cumi maka proses pembuatan akan berjalan dengan lancar. Semoga saja setelah adanya resep dan strategi yang disediakan peluang bisnis sate cumi bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page