Search
  • Wisdom Mall

Shampo dari Bahan Alami

Dewasa ini produk atau merk shampo memang sudah banyak di pasaran. Namun kebanyakan shampo yang dijual mengandung sulfat atau bahan pembersih yang keras. Dampak pemakaian shampo dengan bahan ini yaitu membuat rambut kering dan rusak. Selain itu shampo berbahan ini juga berdampak pada tubuh, karena bisa masuk melalui pori-pori dan masuk ke aliran darah.


Bagi kamu yang ingin memiliki rambut yang sehat tanpa menggunakan shampo berbahan kimia, kamu bisa membuat shampo dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan untuk membuat shampo ini mudah ditemukan. Bahkan harganya tidak terlalu mahal. Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan mengenai cara membuat shampo dari bahan alami.


Shampo dari Cuka dan Baking Soda

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat shampo yaitu cuka dan baking soda. Dengan menggunakan dua bahan ini, kamu bisa mendapatkan kulit kepala dan rambut yang bersih dalam hitungan menit. Mengingat bau cuka ini sangat kuat, kamu bisa menambahkan dengan minyak esensial tertentu. Adapun minyak bisa kamu gunakan seperti minyak pohon teh yang berguna untuk menghilangkan ketombe dan minyak rosemary untuk penanganan rambut rontok.

Adapun berikut ini cara pembuatan shampo dari cuka dan baking soda:

  • Langkah pertama yaitu campurkan satu sendok makan baking soda ke dalam segelas air hangat yang ada di botol. Selanjutnya campur cuka sari apel dengan secangkir air di wadah yang lain. Nantinya campuran juga air ini menjadi conditioner.

  • Setelah itu kamu bisa langsung menggunakan shampo dan conditioner ini pada rumput. Caranya yaitu terlebih dahulu basahi rambut dan pijat campuran pertama ke rambut. Setelah itu gunakan air hangat untuk membilasnya. Setelah di bilas, rambut memang terasa kering. Namun kamu bisa menggunakan conditioner yang telah dibuat dari cuka sari apel. Karena conditioner ini berfungsi untuk membantu keseimbangan ph.

  • Untuk menghasilkan perisai pelindung yang alami, lihat hasilnya selama beberapa hari menggunakan shampo dan conditioner tersebut. Untuk penggunaan pertama memang memberikan efek rambut berminyak dan berketombe. Namun demi kesehatan rambut, hal ini tak perlu dikhawatirkan karena menggunakan bahan alami.

Shampo dari Aloe Vera / Lidah Buaya

Selain bisa menggunakan cuka dan baking soda, kamu juga bisa mau membuat shampo dari aloe vera. Aloe vera merupakan tanaman yang berguna untuk melunakkan kulit. Untuk membuat shampo dari aloe vera ini ada beberapa bahan lain yang perlu dicampurkan. Seperti: gel aloe vera (satu sendok makan), sabun cair Castile (60 ml) dan minyak sayur (1 ml). Kamu dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk shampo, agar memberikan aroma yang bagus.

Adapun berikut ini cara membuat sampul dari aloe vera:

  • Langkah pertama campurkan semua bahan yang telah disebutkan sebelumnya di wadah. Gunakan mixer atau sendok untuk mencampurnya agar bisa merata. Untuk memberikan aroma yang bagus, kamu bisa menambahkan beberapa minyak esensial. Setelah semuanya tercampur rata, kamu bisa menuangnya ke plastik atau botol kaca. Namun sangat disarankan untuk menggunakan botol karena bisa memudahkanmu dalam penggunaannya.

  • Untuk pemakaian shampo alami dari aloe vera ini, pertama basahi rambut lalu tuangkan shampo ke telapak tangan dan pijat pada kulit dan rambut. Sebelum penggunaan, alangkah baiknya kocok botol shampo tersebut. Karena setelah beberapa minggu bahan bisa terpisah.

Shampo dari Chamomile

Chamomile bisa kamu gunakan untuk menjadi shampo alami yang sehat. Dengan bahan ini kamu bisa membersihkan rambut dengan cepat. Untuk membuat shampo dari Chamomile ini ada beberapa bahan tambahan, agar shampo bisa memberikan manfaat lebih banyak.


Adapun bahan-bahan tersebut seperti 1 liter sodium lauryl eter sulfat, 1/4 sendok teh minyak zaitun, 1 cangkir air dimurnikan, 1/4 sdt alkohol setil, 20 gram chamomile (atau 4 kantong teh), 1 gelas wadah yang dapat menampung 2,5 liter, saluran dan sebuah botol plastik yang dapat menampung 1 liter. Shampo  yang terbuat dari bahan ini hanya bisa digunakan selama 6 bulan serta simpan di tempat yang sejuk.

Cara membuat shampo dari kamu mile sebagaimana berikut ini:

  • Langkah pertama yaitu panaskan air dalam panci. Sembari menunggu air mendidih, infus dengan chamomile. Setelah itu tutup panci selama 5 menit, lalu tambahkan still alkohol dan minyak. Agar bahan-bahan yang direbus tidak cepat berkurang, ubah kompor pada panas tingkat rendah dan bahan bisa meleleh dengan sempurna.

  • Selanjutnya rendam natrium sulfat kedalam wadah, lalu tambahkan campuran sebelumnya. Untuk menciptakan homogen, terlebih dahulu kocok bahan-bahan tersebut.

  • Langkah yang terakhir yaitu tuangkan campuran tersebut ke dalam botol plastik yang terdapat salurannya agar dalam penggunaannya semakin mudah.

Shampo dari Alpukat

Buah alpukat selain enak untuk dibuat jus ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar membuat sampo, lho, Ladies. Kandungan vitamin, protein, dan asam amino pada buah alpukat sangat bagus untuk rambut. Hadirnya antioksidan pada buah ini semakin menjadikannya sebagai bahan alami yang tepat untuk membuat sampo. Kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah alpukat matang, 1 sdm baking soda, dan 1 sdm air. Kemudian ambil daging buah alpukat lalu campur dengan baking soda dan air. Kamu bisa menggunakan blender agar halus dengan sempurna. Setelah itu, sampo dari bahan alpukat ini sudah bisa kamu gunakan.

Shampo dari Kulit Nanas

Menurut penelitian, ternyata kulit nanas dapat memperkuat rambut dan mencegah kerontokan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan bromelin pada kulit nanas yang dipercaya dapat menstabilkan pembuluh darah dan saraf manusia. Adanya vitamin B3 juga mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Untuk membuat shampo ini, kamu harus menghaluskan kulit nanas yang sudah dibersihkan menggunakan blender. Kemudian saring untuk mendapatkan sari patinya, lalu masukkan sari pati tersebut ke dalam air panas. Tambahkan perasan jeruk nipis dan santan kelapa 100cc sambil diaduk. Diamkan bahan shampo ini hingga dingin, lalu shampo dari kulit nanas sudah bisa kamu gunakan.


Shampo dari Kemiri

Kemiri memang dikenal bermanfaat untuk kesehatan rambut. Oleh karena itu, salah satu bumbu rempah-rempah dapur ini juga bisa kamu gunakan sebagai bahan alami membuat sampo.

Bakar biji kemiri utuh menggunakan arang hingga gosong, kemudian haluskan kemiri sampai minyaknya dapat diekstrak, lalu saring minyak kemiri tersebut. Minyak inilah yang harus kamu oleskan ke rambut dan diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air mengalir.

Shampo dari Madu

Madu memiliki kandungan mineral dan vitamin C yang tinggi sehingga dapat menyuburkan rambut, mengatasi kerontokan, dan menghilangkan ketombe pada rambut. Selain itu, madu juga dipercaya dapat mengembalikan pH rambut. Untuk membuat shampo yang satu ini kamu hanya perlu mencampurkan 3 sdm madu dengan 3 sdm minyak zaitun, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata, diamkan selama 10-15 menit agar meresap, kemudian bilas menggunakan air mengalir.

Shampo dari Jeruk Nipis

Asam sitrat pada jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi ketombe pada rambut. Selain itu, menjadikan jeruk nipis sebagai sampo juga dapat membuat rambut berkilau, lembut, dan sehat.

Campurkan jeruk nipis dengan jus mentimun, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas menggunakan air mengalir. Inilah beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat shampo secara alami.

2 views

© 2023 by http://tr.im/aplikasi. Proudly created with in1mall.ml

Total Visitors

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now