top of page
Search
  • Wisdom Mall

Usaha Kopi Rempah

Kopi adalah jenis minuman yang banyak disenangi banyak kalangan mulai dari remaja, orang dewasa hingga orang tua. Rasa kopi yang sedap dan mantap betul-betul sesuai dirasakan saat kapanpun. Mengkonsumsi kopi telah menjadi kebiasaan bagi penduduk Indonesia mulai dahulu sampai saat ini. Minum kopi sendiri banyak dilaksanakan masyarakat di pagi hari, sore hari atau pada malam hari yang sejatinya waktu yang cocok untuk meminum kopi.

Sudah tak asing lagi, kebiasaan ngopi ini telah mengakar di orang-orang mulai dari kalangan ekonomi kecil sampai ekonomi atas. Semua kalangan masyarakat memang banyak yang ketagihan kopi, sehingga seperti akan ada yang kurang kalau melewatkan waktu untuk menikmati kopi.

Kopi itu merupakan jenis minuman yang diolah dari pengolahan butir kopi. Biji kopi itu didapat dari tanaman kopi yang telah matang dan tua yang kemudian dikupas lalu dijemur dulu. Setelah tahapan penjemuran lanjut ke tahapan penyangraian kopi yang dimaksudkan untuk menciptakan rasa serta aroma kopi yang sangat enak. Mekanisme ini dilakukan dengan menggoreng kopi tidak menggunakan minyak, kemudian tahap gongseng selesai butir kopi bisa digiling agar mendapatkan bubuk kopi yang halus dan lembut. Bubuk kopi ini yang nantinya untuk dibuat menjadi minuman yang mantap.

Indonesia merupakan negara yang menghasilkan kopi dengan jumlah sangat banyak di dunia. Oleh karena itu tak asing jika kopi dari Indonesia telah masyhur sampai mendunia. Satu-satunya jenis kopi yang memiliki peringkat nomor satu dengan mutu terbaik dan bernilai adalah jenis kopi luwak. Kopi ini didapat dari kotoran hewan luwak yang diperdagangkan dengan nominal harga sangat tinggi.

Ramainya pengidola kopi di Indonesia dapat memberikan sebuah peluang usaha kopi yang menggiurkan serta membanggakan. Produk yang jadi incaran serta kesukaan masyarakat tentu akan meraih keuntungan bisnis yang bagus bagi pengusaha usaha kopi. Di masyarakat Indonesia telah banyak bermunculan para pelaku bisnis kopi dari kedai kopi sederhana hingga kedai kopi modern. usaha kopi akan ramai dibanjiri para pembeli yang ingin bersantai atau berkumpul bersama sahabat, keluarga, kekasih dan lain-lain dengan menikmati secangkir kopi. Warung kopi menjadi tempat yang ramai dengan penggemar kopi dari waktu ke waktu tidak ada masalah musim panas maupun hujan. Inilah yang mengakibatkan ramai penjual bisnis kopi yang meraih keberhasilan dengan hasil penjualan yang tinggi.

Terpana untuk mengeluti bisnis kopi yang menggiurkan? Kesempatan berbisnis kopi akan masih terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin menekuni langsung di bisnis tersebut. Bisnis ini simpel dilakukan tidak wajib memiliki kemampuan khusus dalam menjalankannya. Meracik kopi memang tidak rumit dan susah seperti meracik olahan bumbu masakan kuliner. Dengan kemudahan tahap peracikan kopi yang mudah menjadi magnet tersendiri untuk sejumlah kalangan untuk menerjuni usaha kopi.

Meracik kopi sendiri memiliki cara yang praktis dan populer yaitu dengan memberikan pemanis dan kopi lalu ditambah dengan air panas, kopipun telah jadi. Cara praktis Meracik kopi juga biasanya penggemar atau penikmat kopi di Indonesia ini membuat bisnis kopi peluang suatu usaha yang menguntungkan. Lantas bagaimana langkah memulai atau menjalankan usaha kopi ? Untuk menguasai usaha kopi ini Anda bisa memperhatikan hal-­hal berikut ini:

Mengawali Bisnis Kopi Rempah

Sedikitnya ada beberapa poin yang wajib Anda pikirkan untuk memulai usaha ini. Pelajari baik-baik dengan seksama.

1. Target Konsumen Anda wajib mengkonsep masak-masak siapa target pelanggan Anda. Siapakah yang akan menjadi konsumen utama bisnis kopi ini. Berapa pendapatannya. Seperti apa mereka menikmati cita rasa suatu kopi. Golongan apakah mereka? Pelajar, karyawan, kaum borjuis, eksekutif kantoran, ataukah para penggemar kopi? Mempelajari tingkah laku konsumen dapat membantu merancang teknik berikutnya. Misalnya tempat yang tepat, bentuk kode yang cocok, dan tarif yang pas untuk kopi Anda. Bila modal Anda kecil dan menarget konsumen kelas menengah ke atas. Bekerjasamalah dengan sahabat atau partner bisnis yang ingin mendanai bisnis Anda. Cara termudah mendapatkan investor adalah membawa surat tanah atau BPKB kita ke Bank. Namun ada cara lain yang paling mudah dan effisien. Berusahalah untuk mengikuti kegiatan-kegiatan lomba bisnis plan yang diselenggarakan oleh berbagai instansi. Contohnya Wirausaha muda mandiri. Jika menang, Anda akan mendapat pendanaan secara cuma-cuma.

2. Tempat Bisnis Kopi Anda harus menentukan lokasi sangat ramai untuk membuka usaha kopi ini. Lokasi menjadi hal penting dalam hidup matinya bisnis Anda. Misalnya saja Anda ingin menggunakan motif warung kopi sederhana, jadi Anda harus mendapatkan lokasi yang selalu bersinggungan dengan khalayak ramai yang gampang ditemui. Begitu pula bila Anda ingin merencanakan bisnis kopi dengan kafe. Ini dapat sangat menolong jika lokasi yang Anda temui adalah tempat yang berdekatan dengan kampus, swalayan, sekolah, kantor, dan lain-lain. Namun jika Anda lebih berniat untuk menyuguhkan lidah penggemar kopi di suatu lokasi yang santai, Anda bisa memilih lokasi di lokasi hiburan.

3. Menemukan Vendor Ini adalah hal penting, yang sering diremehkan. Bila Anda menjual kopi untuk sasaran pembeli kelas menengah ke bawah. Anda tidak usah sulit mendapatkan vendor, di pasar banyak pedagang kopi dari langsung maupun tidak. Berbeda halnya jikalau target Anda golongan menengah ke atas. Jika Anda ingin pendapatan puluhan juta perbulan, Anda wajib menyasar konsumen ini. Mereka rela membeli mahal, oleh sebab itu kalangan ini berhak mendapat kopi ternikmat sejagad raya. Anda bisa saja survei ke beberapa tempat untuk mencari kopi yang enak. Lakukanlah, itu adalah biaya riset yang wajib Anda lakukan.

4. Servis yang Memuaskan Terus membuat pelayanan yang baik dan memuaskan akan sangat mendukung Anda dalam mengelola bisnis menjadi cukup baik. Ini dapat menjadi suatu prestasi yang bisa saja sulit didapatkan oleh pelanggan dari usaha kopi lainnya. Jadikan bisnis kopi Anda menjadi bisnis yang mempunyai adab, karena ini akan membuat feed back yang luar biasa dari para customer. Dengan service yang berkualitas dan ramah, Anda pun juga wajib mengevaluasi kesempurnaan dari tempat yang Anda gunakan untuk bisnis kopi tersebut.

5. Teknik Penjualan Anda bisa mengoperasikan cara media maya ataupun offline. Apabila Anda sudah melakukan metode usaha offline, jadi Anda dapat menggunakan media online untuk memasarkan usaha kopi Anda secara dunia maya. Maka akan sangat ramai yang mengetahui bisnis kopi yang Anda jalankan.


Cara Membuat Kopi Instan


Berikut ini merupakan beberapa cara membuat kopi instan nikmat yang bisa Anda coba:


Drip Method

Metode ini adalah cara membuat kopi instan terkenal yang banyak dilakukan oleh masyarakat karena terbilang simpel dan efisien.

Cara membuat kopi instan dengan metode ini sangat mudah. Kopi bubuk diletakkan pada kertas saring yang terdapat di atas bejana kopi. Lalu kemudian air yang panas akan dituang di atas kopi, kemudian diseduh dengan memanaskan bejana tersebut dan kopi pun siap dinikmati.


French Press

Untuk metode French Press tersebut sering Anda temui di kedai-kedai kopi. French Press atau Plunger/Cafetiere tersebut dapat mengekstrak bermacam-macam varian yang terdapat pada kopi bubuk. Anda dapat membeli alat French Press tersebut dengan harga yang terjangkau.

Cara menggunakannya juga terbilang simple, cukup masukkan kopi bubuk secukupnya ke dalam Frensh Press, kemudian tuangkan air panas yang terlebih dulu sudah ditiriskan selama 1 mnt di dalam French Press tersebut.

Pastikan terlebih dulu Anda menuangkan air panas dari teko ke dalam French Press dengan posisi yang agak tinggi dari French Press itu sendiri dikarenakan hal tersebut bisa menghasilkan gelembung air yang akan menciptakan aroma kopi menjadi lebih enak.

Kemudian aduk rata, makin lama diaduk maka akan menciptakan aroma serta rasa kopi lebih menyatu. Langkah terakhir ialah dengan mengepres kopi menggunakan tutup French Press secara perlahan. Masukkan campuran tersebut ke dalam cangkir, kemudian kopi pun siap disajikan.


Turkish Coffee

Cara Turkish Coffe disebut juga dengan sebutan Arab Method. Sesungguhnya metode tersebut merupakan awal mula cara membuat kopi instan yang pertama kali. Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa menghasilkan kopi dengan cita rasa yang sangat pekat. Metode ini cocok buat Anda yang benar-benar pecinta kopi dengan rasa yang kuat.

Pertama-tama, untuk membuat kopi tersebut Anda harus menghaluskan biji kopi secara mandiri dengan memakai lesung dan alu atau mesin penggiling kopi (kahve değirmeni). Bubuk kopi tersebut kemudian dilet\Campuran tersebut diaduk dan didiamkan sampai 3 kali dan kopi pun telah siap disajikan.


Espresso

Mesin Espresso tersebut bisa dibilang adalah salah satu mesin yang berteknologi tinggi untuk membuat kopi. Nyaris semuanya bisa dijalankan secara otomatis, termasuk juga dalam pengontrolan suhunya. Tetapi tentu saja kopi yang dihasilkan nanti tergantung dari jam terbang Anda sendiri dalam membuat kopi.

Cara membuat kopi instan menggunakan mesin espresso tergolong agak rumit, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali memakainya. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menggiling biji kopi, dengan menggunakan mesin Espresso ini, Anda dapat mengatur kehalusan kopi yang cocok dengan selera Anda, yang jelas semakin lembut akan bisa menjadikan rasa yang mantap.

Letakkan biji kopi yang sudah lembut ke dalam Porta Filter, namun pastikan sudah di-flushing (bersihkan) dan dikeringkan sebelumnya. Baiknya diperhatikan supaya permukaan kopi bubuk halus di Porta Filter rata, dengan mengetuk Porta Filter atau cukup mengetuknya saja. Tahap terakhir adalah melakukan Ekstraksi Espresso, dengan menggunakan Variable Presseru Anda bisa menciptakan rasa yang Anda inginkan.


Keempat metode ini hanyalah sebuah contoh cara membuat kopi instan dengan mesin.


Daftar Perlengkapan Mesin Kopi


Mesin Espresso


Grinder Kopi


Coffee Maker


Mesin Kopi Otomatis


Mesin Kopi Kapsul


Mesin Kopi Manual


Demikian mengenai potensi peluang usaha kopi yang bisa Anda pelajari dengan jelas supaya Anda lebih ringan dan yakin dalam melakukan bisnis kopi yang menjanjikan.

Usaha kopi itu tak akan mati dan sepi akan pelanggannya, sehingga jika menekuni usaha tersebut tentu akan ada kesempatan keberhasilan yang gampang untuk Anda dapatkan.

Penasaran untuk mencoba bisnis kopi ini sekarang? Mari jangan tunda lagi untuk menjalani bisnis tersebut, tentu kesempatan menjadi pengusaha kopi yang sukses tidak boleh dilewatkan.

15 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page