top of page
Search
  • Wisdom Mall

Usaha Minuman Khas Jawa Barat

Apa saja minuman yang menjadi ciri khas dari Jawa Barat?


Es Cendol

Es cendol adalah minuman khas dari Jawa Barat yang berasal dari Kota Bandung. Minuman ini pada umumnya banyak dijual oleh para penjual kaki lima. Harganya yang terjangkau namun, rasanya yang kualitas nikmatnya tinggi hingga mampu membuat minuman ini tersedia di berbagai restoran di Bandung.

Es cendol pun disajikan dengan sederhana yaitu berisi:

  • Serutan es

  • Gula merah

  • Santan

  • Cendol

Apa cendol itu? cendol sendiri terbuat dari adonan tepung sagu lalu dicampur dengan sari daun suji. Perpaduan dari 2 bahan ini lalu dimasak sampai membentuk suatu adonan. Setelah itu adonan dicetak dengan cara diayak, sehingga bisa menghasilkan bentuk cendol kecil-kecil yang berwarna hijau.

Es cendol yang sudah melegenda di Kota Bandung yaitu es cendol Elizabeth. Singkat cerita adanya es cendol ini yaitu dijual oleh kerjasama 2 orang, bapak rahman yang telah berjualan es cendol sejak tahun 1978. Lalu bekerja sama dengan ibu eli yang memiliki usaha jual tas merk Elizabeth.

Dari kerjasama mereka hingga menghasilkan sebuah nama yaitu es cendol Elizabeth, minuman ini menjadi terkenal hingga memiliki banyak cabang di Kota Bandung. Buat kalian yang nggk mau penasaran lagi, yuk buruan nyobain es cendol ini! dijamin bakal ketagihan dengan rasanya yang segar dan manis penghilang dahaga kalian.


Es Oyen

Minuman legendaris dari Kota Bandung lagi itu adalah es oyen. Saat kalian sekilas melihat tampilan es oyen ini, maka akan terlihat mirip dengan es campur. Hal yang membedakannya yaitu es oyen ini disajikan dengan menu tambahan yaitu berupa beberapa buah-buahan yang dipotong kecil-kecil seperti buah alpukat, nangka, kelapa muda dan lain-lain.

Kenapa diberi nama es oyen?

Karena asal muasal nama es oyen ini diambil dari orang yang pertama kali menjual es ini. Adapun juga yang berpendapat lain bahwa nama oyen berasal dari suara burung perkutut milik penjual ini, burung ini berkicau dengan terdengar seperti bunyi kata “oyen” .


Untuk bisa merasakan es oyen yang mantap dan sehat ini cukup murah guys, dengan Rp. 5000-Rp. 8000 kalian sudah bisa menikmatinya. Es oyen ini banyak dijual di pinggiran jalan Veteran Bandung. Namun, kini es oyen ini sudah banyak terjual di berbagai daerah lainnya.


Es Goyobod

Es goyobod adalah minuman tradisional khas Sunda yang berasal dari daerah Garut. Es goyobod ini sangat populer sekali, kalian bisa dengan mudah untuk mendapatkannya di sekitar daerah Bandung dan wilayah Jawa Barat lainnya.

Jika dilihat dalam proses pembuatannya, prosesnya hampir sama dengan pembuatan es campur dan es oyen. Isi dan bahan-bahan yang digunakan juga sama seperti buah alpukat, nangka, kelapa muda dan lain-lain. Namun, ada yang khas dan membuat beda dari jenis es lainnya yaitu, es goyobod menggunakan jelly hijau mirip dengan cendol dan warna merah pacar cina sebagai penghias es goyobod ini.

Es goyobod yang berisi beberapa macam buah-buahan dan jelly akan membuat rasa lapar dan dahaga kalian hilang. Rasanya yang segar, manis dan nikmat cocok diminum pada saat cuaca yang panas. Untuk harga dari es ini juga terjangkau.


Es Doger

Es doger adalah salah satu jajanan khas dari Cirebon yang sudah terkenal di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Kalian bisa dengan mudah mendapatkannya karena es doger sudah menyebar luas dan banyak yang menjualnya, baik penjual kaki lima dan di restaurant.

Es doger berisi parutan es, kelapa muda, tape, ketan hitam, alpukat, pacar cina dan lain-lain. Rasanya juga tidak kalah enaknya dengan jenis es lainnya. Es doger ini banyak disukai karena yang pasti rasanya yang begitu segar dan enak. Harganya juga terjangkau hanya berkisar Rp. 5000-Rp. 7000 saja.

Nama es doger sendiri berasal dari singkatan gerobak menjadi doger. Pada mulanya es ini memang dijual dengan menggunakan gerobak lalu di dorong dan keliling. Dengan seiring perkembangan zaman yang sudah modern, ada beberapa penjual es doger yang menjual es ini di kedai.


Es Mambo

Es mambo adalah minuman khas Jawa Barat yang sangat populer di kalangan masyarakat. Kebanyakan dari masyarakat membuat es ini untuk dijual maupun di konsumsi sendiri. Proses pembuatannya yang cukup mudah membuat es mambo ini bisa kalian dapatkan dengan harga ekonomis dan rasa yang nikmat.

Kalian bisa membuatnya dengan menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah untuk didapatkan, seperti kacang hijau, susu kedelai, jus buah dan lain-lain. Namun, pertama kali adanya es mambo ini yaitu terbuat dari larutan sirup warna-warni kemudian dimasukkan ke dalam plastik es kecil, lalu di bekukan ke dalam freezer.

Nama es mambo berasal dari macam-macam warna es ini, lalu banyak orang yang menyebutnya dengan mambo. Mambo sendiri merupakan suatu ungkapan dalam menggambarkan sesuatu yang berwarna-warni.


Es Cincau

Es cincau adalah minuman khas dari Jawa Barat yang terbuat dari bahan alami yaitu daun cincau. Minuman ini sudah sangat populer sekali dan menyebar luas di seluruh daerah di Indonesia, bahkan di setiap daerahnya mempunyai cara yang berbeda-beda saat penyajiannya.


Hokkien merupakan nama tumbuhan dari cincau. Di Indonesia ada 2 jenis cincau yang tumbuh dan berkembang yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Namun jenis cincau hijaulah yang terkenal dan banyak dikembangkan di daerah Bandung, Bogor dan di daerah-daerah Jawa Barat lainnya.

Es cincau disajikan dengan cincau hijau, serutan es, gula merah dan santan kelapa. Dengan perkembangan zaman yang semakin modern, es cincau hadir dengan beraneka macam rasa mulai dari rasa cappucino, coklat, tai tea dan lain-lain.

Dengan aneka rasa yang beragam, membuat es cincau kini semakin melejit peminatnya. Namun salah satu es cincau paling terkenal di Jawa Barat adalah es cincau hijau Siliwangi Bogor. Kalian bisa menikmatinya dengan merogoh uang sekitar Rp. 6000 saja.


Es Bubur Sumsum

Jajanan yang satu ini merupakan es bubur sumsum, es bubur sumsum adalah kuliner yang berasal dari Jawa barat. Es ini terbuat dari tepung beras yang diolah menjadi bubur lalu disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan dan gula merah.

Rasa buburnya yang begitu lembut ditambah dengan kuahnya yang manis sangat baik untuk pencernaan di perut. Bubur sumsum juga enak disajikan dengan kuah yang hangat, jika suasana sedang panas kalian bisa menambahkan dengan parutan es batu maka rasanya akan semakin nikmat dan lezat.

Es bubur sumsum bisa kalian buat sendiri dengan mudah di rumah atau kalian bisa membelinya di pinggiran jalanan maupun kedai bubur yang ada di seluruh daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Banyak orang yang menjualnya saat pagi hari, karena minuman ini sangat cocok diminum saat pagi hari.


Bandrek

Bandrek adalah salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat yang memiliki banyak manfaatnya, salah satunya yaitu bisa menambahkan stamina tubuh. Hal ini dikarenakan minuman ini terbuat dari bahan-bahan alam seperti jahe, buah jambe, kayu manis, biji pala dan gula merah.

Namun, ada variasi lainnya yaitu dengan menambahkan bahan-bahan seperti serai, merica, daun pandan, telur ayam kampung dan lain-lain. Hal ini tentu sesuai dengan keinginan dari pembelinya. Di Kota Bandung bandrek disajikan bersama kacang rebus, ubi jalar rebus, bisa dengan gorengan dan lain-lain.


Bajigur

Tidak hanya bandrek saja, bajigur menjadi minuman tradisional khas Jawa Barat yang banyak diminati masyarakat. Minuman ini terbuat dari gula aren dan santan, biasanya juga ditambahkan dengan jahe, garam dan bubuk vanili.

Minuman ini tentunya juga bagus untuk kesehatan tubuh, karena mengandung rempah-rempah alam. Bajigur terasa nikmat jika dinikmati saat cuaca dingin ataupun hujan. Kini bajigur tersedia dalam kemasan instan, untuk cara membuatnya juga cukup mudah hanya membutuhkan air panas saja.


Itulah beberapa minuman khas dari Jawa Barat yang bisa dijadikan peluang usaha!

44 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page